Scroll to Top

Skandal Sepakbola Italia Terungkap Lagi

By Wan Faizal / Published on Thursday, 29 Dec 2011

Sepakbola Italia kali ini harus kembali berurusan dengan skandal pengaturan skor. Setelah Atalanta menjadi korban terakhir (mendapat pengurangan enam poin sebelum Serie-A musim ini bergulir), kali ini giliran beberapa klub Serie-A lainnya yang terancam.

Itu terjadi setelah mantan bek Piacenza yang terlibat dalam skandal ini, Carlo Gervasoni, mengungkap semua yang terjadi. Setelah melalui proses penyelidikan yang panjang, Gervasoni membeberkan bahwa setidaknya ada 15 pemain dan tiga pertandingan Serie-A yang terlibat pengaturan skor yang didalangi oleh sebuah kelompok dari Kroasia dan Asia.

Masih belum jelas siapa saja ke-15 pemain tersebut. Namun untuk ketiga pertandingan yang dimaksud telah menemui kejelasan. Semuanya adalah pertandingan Serie-A musim lalu, yakni Lecce 2-4 Lazio, Lazio 4-2 Genoa, dan Palermo 2-1 Bari.

Akibatnya, klub-klub yang terlibat dalam ketiga pertandingan itu kini berada dalam posisi sulit. Ancaman dijebloskan ke Serie-B seperti yang dialami Juventus beberapa tahun lalu kini membayangi mereka.

Kabar ini tentu kembali mencoreng wajah persepakbolaan Italia yang beberapa hari lalu sempat mendapat kabar menyenangkan dari Simone Farina, seorang pemain Gubbio yang mengungkap kasus ini sekaligus menolak segepok uang agar ia ikut terlibat dalam pengaturan skor.

Atas tindakannya tersebut, Farina mendapat hadiah spesial dengan akan diikutsertakan dalam skuad Italia saat beruji coba melawan Amerika Serikat, Februari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda