Scroll to Top

Pesan Ronaldinho Kepada Lionel Messi: Jangan Lupa Bahagia!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 12 Jan 2017

Pesan Ronaldinho Kepada Lionel Messi Jangan Lupa Bahagia!

Ronaldinho baru saja membuat surat terbuka kepada dirinya di masa lalu. Uniknya, mantan pemain Barcelona ini menasehati Dinho muda untuk memberi wejangan khusus kepada Lionel Messi, sosok istimewa dalam hidupnya. Pesannya pun cukups sederhana: seperti jargon yang sedang terkenal, ‘jangan lupa bahagia’.

Bukan rahasia lagi, salah satu faktor penting yang membuat Lionel Messi jadi bintang Barcelona adalah Ronaldinho. Superstar Brazil di eranya ini membimbing Messi ketika pertama kali menembus tim utama Barcelona. Dinho selalu ada di sisi Messi, setelah melihat bakat luar biasa La Pulga. Bahkan, sejak awal Dinho sudah yakin, kelak Messi akan menjadi pemain terbaik dunia.

Baru-baru ini, Ronaldinho menuliskan surat kepada dirinya di masa muda, seandainya ia punya kesempatan untuk berkarier di dunia sepakbola sejak awal lagi. Dan dalam surat itu, Dinho menuliskan kalimat-kalimat menyentuh soal Messi. Katanya, “(Dinho muda) di Barcelona, kau akan mendengar tentang seorang bocah di tim muda yang mengenakan nomor 10 seperti dirimu. Ia kecil dan (pandai) memainkan bola seperti dirimu.”

“Kamu tahu ia akan menjadi lebih dari sekadar pemain hebat. Bocah itu berbeda. Namanya Leo Messi. Kau harus katakan kepada para pelatih untuk membawanya ke tim senior (Barcelona), dan ketika ia tiba (di tim senior), para pemain Barcelona akan berbicara tentangnya dengan cara yang sama seperti para pemain Brazil berbicara tentangmu.”

Lionel Messi Pantasnya Cuma Jadi Pemain Cadangan di Era Ronaldinho

“(Dinho muda) Aku ingin kamu memberikan satu kepingan nasehat. Katakan kepadanya, ‘Bermainlah dengan bahagia. Bermainlah dengan bebas. Cukup *bermainlah* dengan bola.’.”

“Bahkan ketika kamu pergi, ‘free style’ ini akan terus hidup di Barcelona melalui Messi.”

Lionel Messi sendiri, sangat kagum kepada Ronaldinho. Ia berulang kali menyebutkan, mantan pemain PSG dan AC Milan ini terus membantunya di awal karier. Bahkan gol pertama Messi yang dicetak ke gawang Albacete, adalah hasil umpan cantik Ronaldinho.

Komentar Anda