Scroll to Top

Ormas Solmet Laporkan Habib Rizieq Terkait Ceramah Uang Baru Palu Arit

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jan 2017

palu-arit-pecahan-seratus-ribu

Habib Rizieq dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh organisasi masyarakat Solidaritas Merah Putih (solmet), pada Selasa (10/1). Dasar pelaporan adalah ceramah ulama itu perihal uang baru yang terdapat logo mirip palu arit atau lambang Partai Komunis Indonesia (PKI) sebuah organisasi terlarang di Indonesia.

Video ceramah pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu diunggah ke akun resmi FPI pada 25 Desember 2016 lalu.

Sebanyak sekira 100-an orang anggota Solmet hadir ke Polda Metro untuk mengawal pelaporan yang dibuat oleh Firmansyah, salah satu anggota ormas tersebut. Untuk mencegah terjadinya kericuhan, polisi pun diterjunkan menjaga ketertiban dari para anggota ormas.

“Perkiraan seratus orang, sebagian sudah di Polda,” jelas Karen Ezana, anggota ormas tersebut seperti dilansir laman Republika Selasa (10/1).

Alasan pelaporan terhadap Habib Rizieq itu adalah dirinya dianggap menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA, demikian diungkap oleh Ketua Umum Solmet, Sylver Matutina.

Pimpinan FPI itu dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 atas Perubahan tentang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Sebagai bukti, Solmet membawa rekaman video ceramah yang terkait dengan uang baru dan lambang palu arit. Juga transkrip video tersebut sepanjang 15 menit masa putar.

Sebelumnya, Habib Rizieq juga telah dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) dengan tuduhan yang sama terkait adanya simbol palu arit di uang baru terbitan Bank Indonesia.

Sang ulama pun telah mendatangi Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan pertama pada Kamis (12/1/2017) terkait pelaporan tersebut.

 

 

Komentar Anda