Scroll to Top

Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Kedinginan Dibanding Pria

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jan 2017

dingin

Wanita lebih mudah merasa kedinginan dan menggigil saat suhu udara rendah, dibanding pria. Tak heran jika hendak keluar rumah di cuaca dingin, busana yang mereka kenakan lebih tebal dan berlapis untuk menangkalnya.

Apa yang menyebabkan hal itu? Berikut alasan dari mudahnya wanita merasa dingin seperti dilansir laman Glamour:

Suhu tubuhnya cenderung lebih tinggi

Wanita memiliki suhu tubuh yang cenderung lebih tinggi dibanding pria, demikian hasil penelitian dari University of Maryland School of Medicine. Akibatnya, jika sedikit saja suhu ruangan turun, ia pertama kali merasakannya.

Akibat KB

Wanita yang menggunakan pil KB, cenderung mempunyai suhu tubuh lebih hangat. Ini adalah akibat perubahan hormonal yang ia alami. Dengan demikian maka mereka lebih sensitif dengan perubahan suhu ruangan.

Kaki dan tangan lebih peka

Sebuah studi yang hasilnya sudah dipublikasi di U.K. medical Journal The Lancet, kaki dan tangan wanita lebih peka terhadap suhu dingin.

Metabolisme lambat

Pria memiliki sistem metabolisme yang lebih cepat bekerja dibanding wanita. Hal itu diungkap dalam Journal of Applied Physiology. Dengan demikian maka pria lebih cepat membakar energi untuk meningkatkan suhu tubuh mereka saat situasi sedang dingin. Berbeda dengan wanita yang lebih lambat metabolismenya.

Alasan tersebutlah yang menyebabkan wanita mudah merasa kedinginan, dan butuh lebih banyak baju hangat untuk menstabilkan suhu tubuhnya kembali.

 

Komentar Anda