Scroll to Top

5 Jenis Seafood Ini Kaya Kandungan Vitamin B12 dan Berkhasiat Atasi Depresi

By C Novita / Published on Thursday, 12 Jan 2017

kerang obati kanker

Makanan laut atau seafood mengandung beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah vitamin B12. Fungsi dari vitamin ini tidak bisa diremehkan, karena jika tubuh mengalami kekurangan maka Anda akan mudah merasa letih dan lemas.

B12 bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan, antara lain seafood. Ini pasti sangat mengundang selera bukan? Karena selain lezat ternyata manfaatnya juga tak main-main. Vitamin ini pun berfungsi untuk memelihara kecantikan kulit, rambut, kuku, juga mengurangi stres dan depresi. Ia pun berfungsi untuk mengatur sistem syaraf tubuh agar bekerja dengan baik.

Dilansir laman Huffington Post, orang dewasa disarankan mengonsumsi seafood sebanyak 2,5 ons untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu dalam sehari.

Berikut ini antara lain jenis seafood yang kaya vitamin B12:

Remis

Pada 2.5 ons remis atau kerang, ada 75 mikrogram B12 yang cukup untuk kebutuhan tubuh seharian. Di Indonesia sangat mudah menjumpai hasil laut ini.

Tiram

Tiram juga termasuk jenis kerang, namun ia dapat menghasilkan mutiara. Kandungan vitamin B12 nya adalah 26 mikrogram dalam 2.5 ons.

Tuna

Ikan ini pun banyak didapat di tanah air yang kaya ini, dengan kandungan 8-9 mikrogram di setiap 2.5 ons nya. Ia lezat sekali diolah berbagai masakan khas Indonesia seperti gulai, atau dibakar pun nikmat.

Kepiting

Tak diragukan lagi kelezatan seafood yang satu ini, dan juga ia mengandung 8.6 mikrogram vitamin B12 dalam 2.5 ons nya.

Sarden

Ikan kecil ini selain nikmat, juga kaya vitamin B12 dan asam lemak omega 3.

Tak hanya seafood, jenis makanan lain pun punya vitamin tersebut dalam jumlah banyak semisal hati, ikan air tawar, juga daging, keju, susu, dan kacang-kacangan.

 

 

 

Komentar Anda