Scroll to Top

Hipertensi di Usia Paruh Baya, Naikkan Risiko Penyakit Kardiovaskuler

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 29 Dec 2011

hipertensi

Urusan menjaga tekanan darah sebaiknya Anda lakukan selagi masih muda. Jangan sampai, Anda mengalami penyakit hipertensi setelah menginjak usia paruh baya, sekitar 40-55 tahun. Di usia ini, hipertensi menjadi media yang efektif mengantarkan pada terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke. Beda halnya kalau Anda masih mampu menjaga stabilnya tekanan darah di usia ini.

“Jika orang mengalami hipertensi menjelang usia 55 tahun, orang itu punya risiko 30 persen lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang tekanan darahnya terus normal ketika mencapai usia separuh baya,” kata Norrina Allen, peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern di Chicago, seperti dikutip VOA.

Pada penelitian Allen yang diterbitkan melalui jurnal  “Circulation: Journal of the American Heart Association” dikatakan, penyakit stroke, jantung, penyumbatan darah, dan penyakit kardivaskuler lain lebih mudah datang pada usia ini. Hipertensi makin memperburuk kesehatan sehingga bisa memicu penyakit tersebut hadir lebih cepat.

Allen menyarankan, agar seseorang memperbaiki kualitas hidup sedari dini dengan menerapkan gaya hidup sehatMeski terasa sulit untuk kondisi di zaman modern ini, dengan melakukan gaya hidup sehat, akan memperpanjang angka harapan dan kualitas hidup seseorang. Jauhi makanan dan minuman “sampah”, dan teratur berolahraga.

Orang-orang yang mampu menormalkan tekanan darahnya di usia paruh baya, semakin kecil kemungkinannya untuk mendapatkan gangguan dari penyakit kardiovaskuler.  Anda ingin hidup sampai tua bukan? Jaga tekanan darah Anda sejak sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda