Scroll to Top

BOA: Ada Tim Sepakbola Britania Raya di Olimpiade London 2012

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 23 Jun 2011

Logo Olimpiade London 2012Ada-ada saja ide British Olympic Association (BOA) untuk Olimpiade musim panas London 2012. BOA berencana untuk menciptkan tim sepakbola Britania Raya untuk tampil dalam event empat tahunan itu. Alhasil, jika ide BOA ini terwujud, tim Britania Raya akan terdiri dari pesepakbola dari Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia.

Tentu saja Skotlandia dan Wales langsung bereaksi keras dengan ide berlebihan ini. Apalagi ide BOA hanya bersifat sepihak tanpa menghubungi SFA (Scottish Football Association) dan FAW (The Football Association of Wales).

Sebenarnya, jika ide ini terealisasi, kita bisa melihat misalnya Jack Wilshere dari Arsenal dan Gareth Bale dari Wales bersatu dalam naungan panji Britania Raya. Namun, rasanya Skotlandia, Wales, atau Irlandia Utara akan ogah bergabung dengan Inggris dalam tim Britania Raya. Bahkan meski konon BOA bersiap meminta Harry Redknapp, pelatih Tottenham Hotspurs yang tengah naik daun dalam beberapa musim terakhir untuk menjadi pelatih Britania Raya.

SFA sendiri terang-terangan menolak keinginan BOA. Menurut PSSI-nya Skotlandia ini, mereka akan memperjuangkan agar setiap tim sepakbola internasional benar-benar merepresentasikan negara mereka sesuai dengan keanggotaan dalam FIFA dan UEFA. Artinya, Inggris, Wales, dan Skotlandia mesti berdiri sendiri-sendiri.

FAW pun bereaksi sama. Mengeluarkan pernyataan yang sama dengan SFA, FAW membubuhkan bahwa keputusan mereka untuk menolak keinginan BOA bisa dipastikan didukung oleh  penggila bola Wales. Bahkan, mungkin saja seluruh penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Ide BOA menggabungkan negara-negara yang tergabung dalam Britania Raya untuk tampil sebagai satu tim jelas hal aneh jika dilihat dari persaingan terselubung negara-negara tersebut di pentas apa pun. Dalam sepakbola, jika sebuah tim dari Liga Skotlandia bertarung dengan tim dari Liga Inggris, bisa dibayangkan betapa kejamnya teror dari masing-masing pendukung kala salah satu tim bertandang. Bahkan, penggila sepakbola dari Skotlandia akan senantiasa mendukung siapa pun lawan tim Inggris, dan sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda