Scroll to Top

PT LI Akan Memfasilitasi Klub ISL Bertemu AFC dan FIFA?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 29 Dec 2011

Keinginan PT LI (Liga Indonesia) untuk mempertahankan kebenaran versi mereka, tampaknya masih kukuh. Tidak peduli dengan surat bersama FIFA dan AFC yang menyatakan ISL ilegal, PT LI malah melakukan manuver baru. Mereka siap mempertemukan klub-klub yang berlaga di ISL dengan FIFA.

Bobotoh Persib

Pentingnya informasi yang tidak berasal dari satu arah saja. Demikian yang menjadi alasan CEO PT LI, Djoko Diyono.

Komentarnya, seperti dilansir Republika, “Kami sepakat akan memfasilitasi klub ke AFC dan FIFA untuk berdiskusi. Hal ini penting agar AFC dan FIFA mendapatkan informasi yang balance sehingga meluruskan yang terjadi. Mereka juga bisa menjelaskan kenapa mereka berkompetisi di ISL.”

PT LI tampaknya cukup yakin akan ada keajaiban jika klub-klub yang berkompetisi di bawah naungan mereka berdialog dengan FIFA. Apalagi memang secara umum klub-klub ISL beralibi sikap tidak profesional PSSIlah yang membuat mereka beralih ke liga “ilegal”. Seperti, memasukkan klub yang berasal dari luar kompetisi dan penyusunan jadwal yang kurang meyakinkan.

Namun, jangan sampai pula pertemuan ini meninggalkan rasa malu yang besar bagi klub-klub tersebut. Mengingat, PSSI memiliki versi sendiri tentang hal-hal yang ditentang para klub.

Liga Indonesia musim ini (Liga Prima Indonesia) awalnya memang memiliki lebih banyak klub (24 tim) karena mengikuti permintaan AFC. Menurut AFC, nyaris tidak ada klub profesional di Indonesia sehingga peringkat dalam kompetisi tidak dihitung lagi.

Yang jelas, jika pertemuan ini benar-benar diadakan, kita berharap akan ada sudut pandang baru bagi kedua belah pihak. FIFA mungkin saja akan menampung pemikiran klub-klub ISL. Sementara, barangkali klub-klub ISL akan berubah pikiran dan kembali ke Liga Prima Indonesia (Indonesia Premier League) setelah berdiskusi dengan FIFA.

Namun, dengan status ISL yang membelot dari liga resmi, mungkinkah pertemuan ini bisa terjadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda