Scroll to Top

Bahayakah Obat Kedaluwarsa yang Telanjur Diminum?

By C Novita / Published on Friday, 20 Jan 2017

minum obat

Menyimpan obat di rumah sebagai bentuk kesiagaan apabila sewaktu-waktu ada keluarga yang sakit, merupakan bentuk antisipasi yang baik. Namun kadang akibat terlalu lama menyimpan, masa kedaluwarsa obat pun tak terasa sudah lewat. Lalu apakah tetap aman jika obat yang habis masa tenggangnya tersebut kita konsumsi?

Ternyata menurut penjelasan dari dr Manny yang dilansir laman Fox News, obat kedaluwarsa tersebut masih aman jika dikonsumsi. Batas masa berlaku yang umumnya ditulis oleh produsen itu menunjukkan jaminan fungsi serta khasiatnya.

Jadi tidak berarti jika sudah lewat masa kedaluwarsa maka obat akan berubah menjadi racun bagi tubuh, demikian penjelasannya.

Food and Drug Administration (FDA), lembaga pangan yang ada di Amerika bahkan menemukan dalam penelitiannya bahwa hampir seluruh obat (90 persen) yang diuji coba, masih aman dikonsumsi selama 15 tahun usai masa kedaluwarsa.

Tentu saja hasil studi itu dipertanyakan oleh banyak pihak, terutama tentang fungsi penyembuhan dari obat tersebut jika lewat masa tenggang.

Selain itu, bahaya efek samping yang bisa timbul bagi pasien pun dipertanyakan.

Apalagi jenis obat nitroglycerin, insulin dan antibiotik cair diketahui tidak boleh digunakan melebihi batas masa kedaluwarsanya karena sudah melalui serangkaian pengujian.

Tentu lebih baik memakai obat yang belum lewat masa kedaluwarsa, sehingga Anda disarankan tidak menyimpan obat dalam jumlah banyak di rumah.

 

 

Komentar Anda