Scroll to Top

Jika Mobil Terlalu Lama Tak Digunakan, Ini Resikonya

By C Novita / Published on Sunday, 05 Feb 2017

parkir mobil panas

Beberapa pemilik mobil memilih mengandangkan kendaraan tersebut di garasi dalam waktu lama dan hanya sesekali saja digunakan. Banyak hal yang membuat pemilik mobil melakukan hal itu, antara lain mengira bahwa mobil lebih awet jika jarang dipakai.

Padahal, itu adalah pemikiran salah karena makin lama mobil tak dipakai akan makin mudah rusak. Demikian yang diungkap oleh Technical Service Executive Cordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi.

Menurut Anjar, kendaraan yang jarang dipakai akan merusak bagian rem serta rem tangan. Mengapa? Karena komponen rem tidak tertutup dan memicu munculnya karat serta lengketnya karet.

“Itu kan bagian pad atau shoe-nya terbuat dari besi, karena terlalu lama diam terlebih jika sering kehujanan tentu akan berkarat dan lengket,” jelasnya seperti dilansir laman Viva.co.id.

Sebab itu secara rutin Anda harus memanaskan mobil Anda, setidaknya dua hari sekali, tambah dia. Memanaskan itu adalah dengan membawa jalan keluar serta dipakai bagian remnya agar tidak berkarat dan lengket.

Untuk mesinnya, setidaknya sehari sekali lakukan pemanasan pula agar kondisi oli mesinnya bisa kembali normal. Maksudnya, oli mesin bisa tersirkulasi dengan baik dengan Anda menyalakan mesin mobil.

Jika lebih dari sepekan tidak dipanaskan atau digunakan maka mobil beresiko akan mengalami rusak rem, ban dan mesin.

“Memang basic-nya mobil yang disimpan lama misal seminggu, itu sekali sebaiknya dipanaskan dan dibawa jalan. Tujuan nya biar olinya tersirkulasi lagi, battery terisi ulang, dan ban tidak tertekan di satu area,” pungkasnya.

 

 

 

Komentar Anda