Scroll to Top

Januari-Februari 2012, Barcelona Menjalani 10 Partai dan 2 El Clasico dalam 38 Hari?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Dec 2011

Rata-rata 3,16 hari sekali Barcelona akan melakoni laga sepanjang Januari 2012. Ya, skuad asuhan Pep Guardiola mesti merasakan jadwal yang tidak nyaman. Plus, wajib membuktikan, dalam kelelahan sekalipun, mereka masih cukup perkasa atas lawan-lawannya.

Barcelona

Maraton Barcelona di awal tahun dimulai dengan menjamu Osasuna di Copa del Rey pada 4 Januari 2012. Kemungkinan, Pep Guardiola akan memainkan skuad cadangan dalam laga ini, seperti halnya kala menyingkirkan L’Hospitalet di babak 32 Besar.

Lepas dari jerat Osasuna, El Barca akan melakoni derby Catalan pada 8 Januari. Menghadapi Espanyol di Cornellà-El Prat, Blaugrana tidak boleh terseok imbang. Mengingat, sehari sebelumnya, Real Madrid cuma melawan Granada di Santiago Bernabeu. Kalau Los Blancos menang dan Barcelona seri, perbedaan bisa semakin melebar menjadi lima angka.

Barcelona akan berlaga lagi 3 hari kemudian di kandang Osasuna dalam leg kedua Copa del Rey. Jika mereka mampu memenangkan laga ini, jadwal akan memadat. Mereka akan lolos ke perempat final dan bersua dengan Real Madrid.

Lupakan El Clasico sejenak. 3 hari setelah bertempur dengan Osasuna, Barcelona masih harus meladeni Real Betis yang tengah berada dalam momentum kebangkitan.

17 dan 24 Januari akan menjadi waktu paling serius jika Barcelona memiliki tiket perempat final. Meskipun tajuknya cuma Copa del Rey, menghadapi Real Madrid, jelas merupakan malu terbesar jika Blaugrana sampai tumbang.

Di sela-sela dua laga yang masih serba mungkin ini, Barcelona akan bertempur dengan Malaga, klub kaya baru. Sialnya, laga berjalan di La Rosaleda. Duel ini sebenarnya merupakan duel di matchday 1. Namun, terpaksa diundur hingga Januari gara-gara terjadinya konflik antara klub dan asosisasi pemain.

Setelah ini, Barcelona bisa sedikit lega. Mereka bisa rehat 4 hari sebelum diuji Villarreal di El Madrigal pada 29 Januari. Namun, bukan berarti Blaugrana bisa berleha-leha.

Seandainya Barcelona lolos dari hadangan Real Madrid di Copa del Rey, jadwal akan semakin rumit. Mereka akan menghadapi pemenang antara Levante/Alcorcon/Valencia/Sevilla, dalam semifinal Copa del Rey pada 2 Februari Siapa pun lawannya, pasti tidak menyenangkan.

Real Sociedad siap mencuri kelelahan Barcelona pada 5 Februari 2012. Kalau tahun 2011 mereka menjadi salah satu dari dua tim yang mampu menaklukkan El Barca dalam laga tandang, kali ini mungkin mereka boleh bermimpi mengejutkan Blaugrana di Camp Nou.

Jadwal setan anak asuh Pep Guardiola belum berhenti. Leg kedua semifinal Copa del Rey menanti mereka pada 9 Februari 2012. Selang tiga hari, Osasuna kembali bertemu dengan mereka. Kali ini di ajang La Liga. Sekaligus, menutup periode terberat bagi Blaugrana.

12 partai dalam 38 hari ini hanya terjadi jika Barcelona lolos ke semifinal Copa del Rey. Jika tidak, mereka akan mencicipi 8 atau 10 laga dalam kurun waktu yang sama.

No Tanggal* Lawan H/A Kompetisi
1 4 Januari 2012 Osasuna H Copa del Rey
2 8 Januari 2012 Espanyol A La Liga
3 11 Januari 2012 Osasuna A Copa del Rey
4 14 Januari 2012 Real Betis H La Liga
5 17/18 Januari 2012 Real Madrid** A Copa del Rey
6 22 Januari 2012 Malaga A La Liga
7 25/26 Januari 2012 Real Madrid** H Copa del Rey
8 29 Januari 2012 Villarreal A La Liga
9 2 Februari 2012 Levante/Alcorcon/Valencia/Sevilla** Copa del Rey
10 5 Februari 2012 Real Sociedad H La Liga
11 9 Februari 2012 Levante/Alcorcon/Valencia/Sevilla** Copa del Rey
12 12 Februari 2012 Osasuna A La Liga
*belum dikonversi ke WIB
**masih belum dipastikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda