Scroll to Top

Ini Dia Taktik Maverick Vinales Adu Cepat vs Marc Marquez!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Feb 2017

Ini Dia Taktik Maverick Vinales Adu Cepat vs Marc Marquez! (1)

Maverick Vinales bakal menjadi lawan paling sulit bagi Marc Marquez di MotoGP 2017 mendatang. Namun dalam tes hari pertama di Phillip Island, sang pebalap Movistar Yamaha tak mampu berkompetisi langsung dengan juara bertahan MotoGP. Bukan berarti Vinales menyerah. Ia punya taktik tersendiri untuk adu cepat vs Marquez.

Setelah tampil sensasional di tes akhir musim Valencia dan tes pra musim Sepang, kini Maverick Vinales harus berhadapan dengan kenyataan. Ia cuma finish di urutan keempat pada Rabu (15/2). Jaraknya dengan Marquez dalam kisaran 0,5 detik. Vinales menegaskan, dirinya memang tidak fokus untuk meraih waktu tercepat. Namun, ia juga menyiratkan, saat ini Marc Marquez adalah musuh yang harus ditumbangkan.

Sang mantan pebalap Suzuki menuturkan, “Kami menguji banyak hal dan (oleh karena itulah) sulit untuk membukukan waktu per lap yang cepat (kompetitif dengan urutan pertama). Tapi saya sangat senang karena bisa meningkatkan waktu per lap; sehingga kami menyimpan kekuatan untuk hari terakhir (tes di Phillip Island).”

Menurut Maverick Vinales, dari pantauan sejauh ini, sejatinya ia tidak terlalu jauh berjarak dari Marc Marquez. Meskipun demikian, jika memang ingin bersaing dengan Baby Alien, ia harus memperbaiki banyak hal. Oleh karenanya, Vinales sudah punya catatan tersendiri, harus seperti apa untuk hal ini.

Ini Dia Taktik Maverick Vinales Adu Cepat vs Marc Marquez! (2)

Waktu terbaik Marquez di tes hari pertama di Phillip Island adalah 1 menit  29,497 detik. Catatan tersebut masih kalah dibandingkan dengan yang diukir Maverick Vinales musim lalu saat lomba, yaitu 1 menit 29,1 detik. Itupun ketika Vinales masih memacu motor Suzuki.

Oleh karenanya, rookie tahun 2015 ini menuturkan, “Saya melebar dalam lap terbaik; dan hal itu terjadi dalam kondisi berangin. Sektor kedua (di lintasan Phillip Island) tergolong sektor lambat. Sehignga saya dapat berkata, jika tidak berangin, dan sedikit bahan bakar, saya bisa mencapai titik di bawah 1 menit 29 detik.”

“Marc selalu sangat cepat di sektor 2 tersebut, jadi kami perlu fokus bekerja dengan apik di titik tersebut. Kami tidak perlu menguji banyak hal esok (hari ini -red-) sehingga kami bisa fokus pada (meningkatkan) kecepatan.”

Komentar Anda