Scroll to Top

Jangan Buang Kulit dan Mata Ikan, Manfaatnya Besar Lho

By C Novita / Published on Friday, 17 Feb 2017

ikan laut

Saat sedang membuat fillet ikan dan mengambil dagingnya saja, jangan buang kulit dan bagian kepalanya. Manfaatkanlah untuk jenis masakan lain sebab bagian tersebut ternyata punya banyak manfaat.

Kulit dan mata ikan mengandung protein juga, serta zat bernama lesitin yang ampuh mengatasi keluhan radang sendi. Hal itu diungkap oleh Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS., dari Pergizi Pangan.

“Kulit ikan sangat baik untuk kesehatan sendi, karena mengandung lesitin,” kata dia seperti dilansir laman Tabloid Nova.

Kulit yang tebal kerap dimiliki oleh ikan laut, karena itu kandungan protein dan lesitinnya cukup tinggi. Apabila Anda membuang bagian tersebut maka akan sayang sekali karena kandungan nutrisi bermanfaatnya bisa mencegah radang sendi.

Biasanya kulit dan mata ikan diolah menjadi masakan berkuah, semisal steam atau gulai agar rasa amisnya tidak terlalu mendominasi. Selain itu, masakan tersebut dapat membuat kulit ikan jadi lembut dan nikmat disantap.

Tak hanya lesitin, ada pula asam lemak omega 3 yang diakui sebagai salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan berbagai organnya termasuk otak.

“omega3 yang terdapat pada bagian mata ikan juga berkhasiat sebagai anti radang sendi,” ungkap Hardinsyah lagi.

Nah, ternyata banyak manfaatnya bukan kulit dan mata ikan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Komentar Anda