Scroll to Top

Walau Hujan Pemotor yang Berteduh di Bawah Jembatan Layang Bisa Ditilang

By C Novita / Published on Friday, 17 Feb 2017

berteduh

Saat hujan di perjalanan maka pemotor kebanyakan memilih untuk berteduh di bawah kolong jembatan layang atau fly over. Namun waspadalah bahwa kebiasaan tersebut ternyata menyalahi peraturan lalu lintas bahkan terancam ditilang oleh petugas.

Serba salah memang, jika diteruskan perjalanannya, maka kondisi jelas tak nyaman dan aman sebab terpaan air dan angin kencang membahayakan keselamatan. Sedangkan jika berteduh di bawah jembatan maka terancam kena tilang.

“Pengendara motor harusnya sudah melengkapi jas hujan dan peralatan hujan lainnya sehingga tidak akan terganggu bila berkendara dalam kondisi hujan,” ucap Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah seperti dilansir laman Liputan6.

Bagaimanapun, berteduh di bawah jembatan layang bisa membahayakan pengendara lain yang pandangannya terhalang oleh hujan. Risiko terjadi kecelakaan juga besar akibat kebiasaan tersebut. selain itu kemacetan bisa terjadi akibat pengendara lain harus melambatkan laju kendaraan mereka saat melintas.

Pemotor harus paham bahwa berhenti di lokasi yang tidak semestinya akan terkena sanksi tilang berdasar Pasal 282 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Tilang dapat dikenakan denda sebesar Rp250 ribu.

Berhati-hati lebih baik, jadi pemotor dapat memilih berteduh di tempat lain yang lebih aman semisal tempat parkir toko, rumah makan, atau pusat perbelanjaan.

 

Pic: zonaspeed.com

 

Komentar Anda