Scroll to Top

4 Resep Kaldu Yang Lezat dan Menyehatkan Tubuh

By C Novita / Published on Friday, 24 Feb 2017

kaldu daging

Kuah kaldu mengandung sari-sari makanan dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Tak heran jika sedang sakit, pasien banyak disarankan mengonsumsinya sebab mudah sekali diserap oleh pencernaan.

Kaldu umumnya menjadi bahan pembuat sup sayuran, yang dikenal sangat kaya nutrisi untuk tubuh. Tak hanya terbuat dari daging ayam dan daging sapi, kaldu pun bisa dibuat dari bahan lain. Apa saja? yuk simak 4 resep kaldu yang lezat berikut ini seperti dilansir laman TheCulinaryCook:

Kaldu putih

Ini adalah kaldu yang terbuat dari tulang ayam atau tulang sapi. Karena warnanya yang cenderung bening, maka dinamakan kaldu putih. Cara membuatnya pun mudah, cukup merebus tulang hingga sarinya keluar. Setelah itu angkat tulangnya dan kaldu bisa digunakan untuk membuat sup.

Kaldu coklat

Warnanya memang coklat, karena terbuat dari tulang sapi yang sudah mengalami proses pembakaran lebih dulu hingga keluar minyak dan lemaknya. Umumnya memakai bagian tulang kaki sapi yang direbus sampai 8-12 jam. Biasanya kaldu ini dipakai untuk membuat saus masakan.

Kaldu ikan

Seperti namanya, kaldu ikan terbuat dari rebusan tulang ikan. Warnanya bening, dan banyak dipakai untuk memasak seafood. Masakan Eropa kerap menyebut kaldu ikan ini sebagai fumet. Anda cukup merebus tulang ikan selama 45 menit saja.

Kaldu sayuran

Walau terbuat dari sayuran namun rasanya tak kalah lezat dari kaldu daging. Bahan ini biasanya digunakan oleh pelaku vegetarian, untuk memasak sup. Jenis sayur yang pas dipakai untuk membuat kaldu adalah wortel, seledri, kentang, paprika, dan beberapa lainnya.

 

 

Komentar Anda