Scroll to Top

Ada Badak di Google Doodle Hari Ini, Taman Ujung Kulon Rayakan HUT ke-25!

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 26 Feb 2017

Ada Badak di Google Doodle Hari Ini, Taman Ujung Kulon Rayakan HUT ke-25!

Ada yang istimewa di Google Doodle hari ini Minggu, 26 Februari 2017. Muncul penampakan badak bercula satu, yang jadi penanda Google merayakan HUT ke-25 Taman Ujung Kulon. Bagi dunia, taman nasional yang secara resmi didirikan pada 26 Februari 1992 ini, demikian penting karena UNESCO sudah menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site (Situs Warisan Alam Dunia).

Jika Anda mengunjungi google hari ini, kita akan menemui doodle unik, berupa keluarga badak yang sedang berkubang. Induk badak tampak tengah keluar dari kubangan lumpur, sehingga di badannya tercetak air yang membentuk huruf GOOGLE. Sementara sang anak badak tampak tertawa di sebelah belakangnya di dalam naungan alam yang asri. Inilah potret untuk Taman Nasional Ujung Kulon, yang sudah menjadi Suaka Alam bahkan sejak era Belanda dengan SK Pemerintah Hindia Belanda pada 1921.

Badak bercula satu,  atau juga bisa disebut Badak jawa yang muncul dalam doodle hari ini, memang merupakan ikon yang melekat pada Taman Nasional Ujung Kulon. Badak in tergolong jenis binatang langka yang dilindungi; karena merupakan salah satu mamalia yang paling terancam kepunahan. Populasi badak jawa dari waktu ke waktu terus terkikis, dan dalam data yang tersedia pada tahun 2015, jumlahnya saat ini di Taman Ujung Kulon sekitar 59 hingga 61 ekor.

Ada Badak di Google Doodle Hari Ini, Taman Ujung Kulon Rayakan HUT ke-25! a

Tapi, bukan hanya badak jawa saja yang dilindungi di Taman Ujung Kulon. Tercatat di taman naasional ini terdapat setidaknya 30 jenis mamalia, termasuk di antaranya Banteng, Rusa, Macan Tutul, Macan Dahan, trenggiling. Bahkan primata jenis monyet ekor panjang, hingga lutung, dan kukang ada di kawasan seluas 497.59 km2 ini.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia. Lokasi ini juga diresmikan sebagai salah satu situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO pada 1991. Dan hari ini bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Taman Ujung Kulon, besar harapan kita kawasan ini terus menjadi tempat habitat berbagai flora dan fauna yang mulai termakan zaman.

 

 

Komentar Anda