Scroll to Top

5.500 Koleksi Peninggalan Kapal Titanic Dilelang Tahun Depan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 31 Dec 2011

titanic

Kapal Titanic boleh tinggal nama. Namun, kapal terbesar dan mewah di zamannya itu tetap meninggalkan jejak yang bernilai glamor. Berbagai peninggalan Titanic yang sempat diselamatkan tim ekspedisi bakal dilelang 15 april 2012 melalui juru lelang Guernsey.

Pendaftaran peserta lelang dilakukan hingga 1 April tahun depan. Belum terlihat siapa saja yang diprediksi bakal memiliki barang berharga ini. Christopher Davino, Presiden RMS Titanic, berharap, koleksi   dari Titanic ini jatuh ke tangan pembeli yang mampu merawat benda koleksi tersebut dengan baik. Alih-alih, bisa terus membangun kerjasama RMST dan Komunitas Lautan dan Arkeologi.

Lelang yang diadakan untuk mengenang 100 tahun Titanic bakal menawarkan 5.500 artefak. Nilai semua barang tersebut sebesar USD 189 juta. Itu taksiran pada 2007 lalu.

Semua koleksi yang ditemukan selama tujuh kali ekspedisi itu, akan dijual secara terpisah. Sebelum resmi dilelang, akan dipamerkan dulu semuanya minggu depan. Dan, seperti dikutip BBC, pemenang lelang baru dianggap sah jika sudah  disetujui hakim pengadilan federal negara bagian Virginia, AS.

Kapal Titanic mengalami kecelakaan setelah menabrak sebuah gunung es pada 10 April 1912. Sempat muncul sesumbar, kapal ini antitenggelam. Apa mau dikata, kenyataan berkata lain. Titanic pun mengalami kebocoran dan tenggelam. Sejumlah 1.517 orang tewas setelah terjebak dalam dinginnya lautan es selama lima hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda