Scroll to Top

Waduh, Situs Warisan Budaya di China Makin Menyusut

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 31 Dec 2011

prajurit teracotta

Bisa-bisa, peninggalan sejarah di China segera musnah. Lihat saja, kemajuan ekonomi justru menyingkirkan berbagai bangunan kuno, kuil, dan situs budaya untuk diubah menjadi bangunan lain yang lebih modern. Mereka jadi korban proyek konstruksi. Parahnya, pemerintah setempat tidak mau tahu soal perlindungan terhadap situs budaya.

Liu Xiaohe, wakil direktur survey dari Badan Peninggalan Budaya Cina, mengatakan, di China total keseluruhan objek peninggalan budaya kurang lebih 700 ribu buah. Dari total itu, 25 persen yang masih ada memerlukan proses rehabilitasi serius. Sejak survei terakhir dilakukan 20 tahun yang lalu, sudah ada 44 ribu situs yang hilang. Rumah pejuang terakota yang ada di Provinsi Shaanxi yang rubuh mencapai lebih dari 3.500 rumah.

Dikutip dari BBC, bangunan Tembok Besar China pun tidak lepas dari bahaya ambruk. Saat ini kondisinya mengalami erosi. Banyak penduduk setempat yang mengambil keuntungan menjual tiket illegal dan mengeksploitasi bangunan. Parahnya, pernah ada penambang emas yang mencoba menggali bagian Dinasti Qin di tembok itu. Diduga ada emas yang diperoleh dari bagian bawah sisi tersebut.

Peraturan konservasi dinilai masih berat sebelah dalam mempertahankan situs warisan budaya di China. Bukan tidak mungkin, berbagai objek wisata sejarah di sana bakal makin menyusut tanpa adanya kesadaran untuk memelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda