Scroll to Top

Moonlight Jadi Film Terbaik Oscar 2017 Diwarnai Insiden Salah Amplop

By Tyas / Published on Tuesday, 28 Feb 2017

Moonlight

Gelaran Oscar 2017 menyisakan sedikit cerita yang cukup mencengangkan. Moonlight tampil sebagai Film Terbaik Oscar 2017 setelah diwarnai dengan insiden salah amplop. Bagaimana ceritanya?

Kategori ‘Film Terbaik’ adalah kategori paling bergengsi dalam 89th Academy Awards. Karena ini adalah kategori paling dinanti, maka pengumumannya pun ditempatkan di bagian paling akhir. Menunjuk aktor senior Warren Beatty dan aktris senior Faye Dunaway sebagai pembaca pemenangnya, keduanya awalnya menyebut ‘La La Land‘ sebagai pemenangnya. Ternyata dalam amplop tersebut, tertulis Emma Stone (La La Land) yang memang di kategori sebelumnya Emma Stone memenangi kategori ‘Aktris Terbaik’.

Warren Beatty-Faye Dunaway

Warren Beatty sempat ragu ketika membaca amplop tersebut. Ia terlihat bingung sehingga cukup lama terpaku. Faye Dunaway mencoba untuk mempersingkat waktu dan mengambil amplop dari tangan Warren kemudian mengumumkan jika pemenangnya adalah ‘La La Land’.

Warren Beatty kemudian naik kembali ke panggung untuk mengklarifikasi nama pemenang. Bukan ‘La La Land’, melainkan ‘Moonlight’. Ia juga menjelaskan jika ini murni karena kesalahan teknis dimana ia memegang amplop yang salah.

“Halo, saya ingin menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Saya buka amplop [untuk kategori Best Picture], dan tertulis ‘Emma Stone – La La Land‘. Sehingga, saya lama bertatapan dengan Faye [Dunaway] dan kalian. Saya sedang tidak berusaha melucu [tentang ini].” jelas Warren Beatty dikutip CNN Indonesia (27/2).

Amplop Oscar 2017

Produser ‘La La Land’, Jordan Horowitz kemudian berbesar hati memberikan piala yang sudah diterimanya kepada pemenang yang sesungguhnya, ‘Moonlight’.

“Saya akan tetap merasa terhormat memberikan Oscar ini kepada sahabat saya dari Moonlight,” ucap Horowitz berwibawa.

Moonlight Oscar 2017

Komentar Anda