Scroll to Top

Waduh, laptop dan Ponsel Simpan Banyak Bakteri Berbahaya

By C Novita / Published on Wednesday, 01 Mar 2017

Ponsel

Dua gadget yang paling sering kita pegang, laptop dan ponsel, ternyata menyimpan banyak sekali bakteri berbahaya (superbugs). Hal ini diungkap oleh ilmuwan antimikroba yang melakukan studi di sebuah universitas di Irlandia.

Mereka menjumpai bahwa bakteri berbahaya atau superbugs yang bahkan bisa menyebabkan kematian itu, juga ditemukan pada ATM, lantai, tobol lift, dan gagang pintu di universitas tersebut.

Jenis bakteri Listeria pun ditemukan, selain superbugs yang menyebar di berbagai tempat umum, termasuk salmonella. Mereka ada di keyboard laptop, komputer, juga tombol ATM.

Selain itu, ilmuwan yang melakukan studi di Irlandia tersebut pun menjumpai adanya bakteri Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Ini termasuk bakteri ganas yang bisa masuk ke aliran darah lewat luka.

Bakteri MRSA dijumpai pada dispenser kantin, tutup sampah, ponsel, juga pintu toilet. Kampus memang tempat banyak orang berkumpul dari berbagai latar belakang berbeda, termasuk kondisi kesehatan yang tak diketahui sebelumnya.

“Kami percaya hasil penemuan ini tidak berbeda jauh atas apa yang akan ditemukan di tiap tempat di Inggris, Amerika Serikat atau bangunan umum di Irlandia,” ugkap pemimpin lembaga penelitian Kastus, John Browne.

Dilansir laman Big News Network jenis bakteri superbugs adalah yang paling mudah membuat seseorang sakit parah, bahkan meninggal. Karena itu kesadaran akan bahaya bakteri berbahaya tersebut perlu ditingkatkan.

Menurut ilmuwan, superbugs ini potensial berkembang pesat dan jadi pembunuh darri 10 juta orang di tahun 2050 nanti.

Selanjutnya Kastus berencana akan meneliti objek umum lain semisal institusi kesehatan, pusat kebugaran, dan hotel sebagai tolak ukur perkembangan bakteri. Mereka juga akan mengedukasi publik untuk sadar betapa bahaya bakteri sedang mengancam dunia.

 

 

Komentar Anda