Scroll to Top

Ini Keunggulan Knalpot Bobokan Dibanding Jenis Lainnya

By C Novita / Published on Wednesday, 15 Mar 2017

hqdefault

Banyak pemilik sepeda motor yang memilih menggunakan knalpot bobokan dibanding knalpot jenis lainnya. Menurut mereka, ada keunggulan yang tak diperoleh dari jenis knalpot bawaan pabrik atau standar, juga knalpot racing.

Jenis bobokan dan racing dalam fungsinya hampir sama, yakni mengejar performa motor agar lebih sempurna. Jika umumnya knalpot racing dijual di bengkel otomotif atau toko aftermarket, maka jenis knalpot bobokan berbeda.

Menurut seorang pemilik bengkel modifikasi sepeda motor, knalpot bobokan adalah knalpot standar yang sudah mengalami perubahan karena dimodifikasi sesuai keinginan pemilik motor.

“Knalpot itu modifikasi silincernya. Diameter lubang buangnya yang diperbesar atau menghilangkan peredamnya,” jelas Joko, pemilik bengkel JDM seperti dilansir laman Liputan6.com.

Yang dimaksud dengan silincer ternyata bagian ujung knalpot standar. Biasanya bawaan pabrik ujung ukurannya besar. Ada peredam di dalamnya sehingga suara lebih halus. Ada juga saringan silincer yang membuat gas buang tidak langsung keluar.

Dalam knalpot standar terdapat pula pipa-pipa yang berfungsi mengalirkan gas sebelum dibuang.

Knalpot bobokan membuang beberapa bagian dari knalpot standar, misalnya pipa-pipa di dalamnya. Ia akan digantikan dengan pipa yang jenis lurus sehingga gas buang akan langsung keluar.

Tak heran jika tarikan gas motor dengan knalpot bobokan akan lebih ringan dan lancar di rpm bawah atau rpm atas. Hal tersebut membuat penyuka knalpot bobokan umumnya adalah anak muda.

Namun sisi negatif dari penggunaan bobokan adalah kendaraan jadi lebih boros bahan bakar, juga oli cepat encer dan harus cepat diganti. Mesin pun cepat panas akibat kondisi tersebut.

Anak muda kebanyakan lebih menyukai knalpot jenis bobokan karena biayanya lebih terjangkau. Kisarannya hanya Rp150 ribu – Rp200 ribu saja dibanding knalpot racing yang mahal.

 

 

Komentar Anda