Scroll to Top

Jangan Cuci Jok Motor Kulit Pakai Sabun

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 16 Mar 2017

jok motor kulit

Banyak pemilik sepeda motor melirik bahan kulit untuk disandingkan sebagai alas jok. Jok kulit memberikan tampilan beda dan tidak monoton sebagaimana jok bawaan pabrik. Meski membuat motor makin gaya, namun jok kulit memerlukan perawatan tertentu. Salah satunya jangan sampai dicuci.

Sebenarnya jok kulit perawatannya mudah. Hanya saja jika sampai dicuci maka dikhawatirkan dapat memicu kerusakaan. Bahan kulit seringkali dilengkapi dengan pelindung khusus yang cukup rentan dengan bahan-bahan kimia. Bisa jadi kulit yang dipakai pada jok memiliki sensitivitas tinggi pada bahan kimia pembersih kendaraan.

“Bahan kulit jok pada dasarnya memiliki lapisan pelindung yang berfungsi untuk menjaga kualitas warna dan tekstur kulitnya. Pelindung tersebut sangat rentan dengan zat kimia, khususnya pada zat yang terdapat di cairan pembersih sepeda motor,” kata Edi Pamungkas selaku Web Development Management MBtech, seperti dikutip laman Okezone.

Untuk mencegah kontaminasi bahan kimia, ada baiknya menggunakan sampo motor yang memiliki informasi tidak merusak bahan kulit pada labelnya. Jika memungkinkan sebaiknya motor dicuci sendiri untuk menghindari jok terkena sampo. Kalau pun mesti mencuci motor di jasa cuci pinggir jalan, ingatkan petugas untuk tidak mencuci bagian jok.

Sementara itu untuk membersihkan jok kulit tidak perlu cairan apapun. Cukup pakai air hangat untuk membersihkan noda dan debu yang menempel. Cara ini cukup aman dan bisa menjaga keawetan jok.

Komentar Anda