Scroll to Top

Lionel Messi Harusnya Jadi Pemain Juventus Pada Tahun 2005, Tapi …

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 19 Mar 2017

Lionel Messi 'Telepon' Jorge Sampaoli Agar Tangani Barca Ini Jawabannya!

Lionel Messi seharusnya menjadi pemain Juventus pada tahun 2005. Demikian yang dituturkan oleh Mauro Camoranesi. Menurutnya, andai Si Nomor 10 Barcelona pada satu dasawarsa lalu memutuskan untuk menyeberang ke tanah Italia, kemungkinan Juventus bakal merebut gelar Liga Champions setahun berikutnya.

Pertemuan Juventus vs Barcelona di perempat final Liga Champion 2017 menguak kembali cerita lama. Bukan cuma soal kekalahan Juve dari Barca dua tahun lalu, di partai puncak kompetisi elite Eropa itu dengan skor 3-1. Tetapi cerita yang lebih lama lagi, yaitu Trofi Joan Gamper 2005. Ketika itu, Barcelona mengundang Juventus sebagai lawan mereka.

Meskipun nama Lionel Messi sudah mulai terdengar beberapa waktu sebelumnya, tidak salah lagi Trofi Joan Gamper tahun tersebut menjadi ajang pertama Messi membuat dunia tercengang. Betapa tidak? Di usia sangat muda, Messi bisa mengacaukan lini belakang Bianconeri. Dan ketika itu, Fabio Capello, pelatih Juventus, langsung meminta agar bocah ajaib tersebut dipinjamkan Barca ke Juve. Tentu saja jawaban klub Catalan kala itu: ‘tidak!’.

Mauro Camoranesi, kepada Goal.com menuturkan, “Juventus akan memenangkan Liga Champions (tahun 2006) jika mereka kala itu bisa meminjam Messi 10 tahun lalu.”

Top Skor Liga Spanyol 2017 Cetak 23 Gol, Lionel Messi Jauhi Cristiano Ronaldo (1)

Camoranesi menyebut, Fabio Capello tidak hanya terpana saat pertandingan semata. Sebelum laga Barcelona vs Juventus di Trofi Joan Gamper tahun itu digelar, para pemain kedua tim digabungkan dalam sesi latihan bersama. Dan ketika itulah, Capello sudah langsung mampu melihat masa depan Messi.

“Capello sudah melihat dia (Messi) bermain, kami belum. Capello sudahmengidentifikasi bahwa Messi pemain yang berbeda. adBahkan, pada minggu sebelum pertandingan (Joan Gamper Trophy 2005) beberapa pemain berkumpul dan Messi muncul, (Capello) mengatakan kepada kami bahwa Messi  akan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.”

“Hal itu jelas tidak lumrah, karena Capello sangat jarang bertaruh pada pemain muda karena ia merasa: para pemain muda ini tidak memiliki pengalaman.”

Nyatanya, Capello tidak salah dalam memantau pemain. Buktinya, 12 tahun sejak pertemuan dengan Messi, Juventus belum menambah satu trofi Liga Champions pun. Sebaliknya, Barcelona yang punya Messi, mendapatkan empat trofi.

Komentar Anda