Scroll to Top

Terjadi 21 Maret 2017, Apa Fenomena Equinox Sebenarnya?

By C Novita / Published on Sunday, 19 Mar 2017

Fenomena Equinox

Fenomena Equinox akan melanda Indonesia pada 21 Maret 2017 mendatang, juga 23 September 2017. Isu yang beredar saat ini, tepat saat fenomena alam itu terjadi maka suhu akan naik hingga 40 derajat Celsius. Adanya kabar demikian tentu memicu munculnya ketakutan bagi yang mendengar. Benarkah demikian?

Terkait hal tersebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa Equinox secara periodik memang muncul setahun dua kali. Itu adalah fenomena astronomi dimana Matahari tepat melintasi garis katulistiwa. Karena Indonesia terletak di katulistiwa, maka negara ini akan terdampak fenomena tersebut.

“Saat fenomena ini berlangsung, di luar bagian Bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan,” jelas Kepala Humas BMKG Hary Djatmiko seperti dilansir laman Liputan6.com.

Memang akan terjadi peningkatan suhu lebih dari hari biasanya, yakni sekitar 32-36 derajat Celsius. Namun tidak sampai mengalami gelombang panas seperti yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, tambah Harry.

BMKG menghimbau masyarakat Indonesia untuk tidak ketakutan dengan isu yang menyatakan bahwa suhu saat fenomena Equinox akan mencapai 40 derajat Celsius. Peningkatan suhu yang terjadi tidak akan bertahan lama dan drastis.

“Masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang,” tuntasnya.

Tahun-tahun sebelumnya pun sempat muncul isu bahwa gelombang panas akan melanda saat fenomena Equinox terjadi, namun terbukti tidak benar.

 

Komentar Anda