Scroll to Top

Andres Iniesta Tolak Gaji 35 Juta Euro dari Liga China, Pilih Barcelona!

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 20 Mar 2017

Andres Iniesta Dicintai Seluruh Spanyol, Tetapi Dibenci Fans Athletic Bilbao

Andres Iniesta menolak dua tawaran dari Liga Super China. Salah satunya adalah kontrak dengan gaji sebesar 35 juta Euro. Gelandang internasional Spanyol tersebut lebih suka menghabiskan kariernya di Barcelona daripada melanglang buana menghasilkan uang di Timur Jauh. Kans Iniesta untuk masuk ke skuat Spanyol di Piala Dunia 2018 juga jadi bahan pertimbangan sang pemain.

Bukan rahasia lagi, klub-klub Liga China berani mengucurkan dana besar untuk mendatangkan pemain bintang. Sekian sosok sudah tergoda bermain di sana; mulai dari Ezequiel Lavezzi hingga Carlos Tevez. Namun, nyatanya Andres Iniesta bergeming. Ia memang masih menunggu tawaran kontrak dari Barca, tetapi bukan berarti Iniesta bersedia digoda klub lain.

Kontrak Don Andres bersama Barcelona akan berakhir pada 30 Juni 2018 —sama seperti Lionel Messi– dan hingga kini Barca masih belum bisa menentukan formula yang tepat untuk sang gelandang yang sebentar lagi berusia 33 tahun. Soal gaji, Barca tidak bisa menyediakan uang ekstra.

Pasalnya, selain karena mereka baru memperbarui kontrak sekian bintang yang lebih muda, Barcelona juga sedang memikirkan cara menyediakan uang sebesar 35 juta Euro per tahun untuk kontrak terbaru Lionel Messi. Andres Iniesta memahami hal ini. Ia tidak menuntut gaji yang luar biasa, tetapi lebih kepada jumlah menit bermain.

Andres Iniesta

Sejauh ini, sepanjang musim 2016/2017, Iniesta hanya bermain selama 1.390 menit atau sekitar 39,6 persen dari total menit bermain yang tersedia. Memang ada alasan Iniesta cedera. Tetapi ketika ia pulih pun, pelatih Luis Enrique lebih suka mencoba beberapa alternatif dengan pemain lebih muda macam Andre Gomes dan Denis Suarez. Tujuannya, tentu demi persiapan di tahun-tahun yang akan datang; kala Barca tak lagi tergantung pada Iniesta.

Menit bermain ini jadi perhatian Iniesta, karena ia ingin tetap bermain di Piala Dunia 2018. Logikanya, untuk sampai di sana, Iniesta harus cukup meyakinkan pelatih Spanyol, Julen Lopetegui. Dan jika peran Iniesta makin terbatas di Barca, kesempatan masuk timnas juga bakal berkurang. Cuma, pindah ke Liga China juga bukan opsi yang baik. Tampil di liga yang kurang kompetitif, bisa-bisa membuat Iniesta tak lagi dilirik masuk La Roja.

Komentar Anda