Scroll to Top

Materi Soal USBN 2017 Sudah Selesai Dibuat Oleh MGMP

By C Novita / Published on Monday, 20 Mar 2017

Ujian Nasional (UNAS) Dihapus, Berganti Nama Jadi Evaluasi Nasional (ENAS)

Soal untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 sudah selesai dibuat materinya oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) masing-masing zona wilayah. Saat ini materi soal tersebut telah masuk karantina untuk mencegah kecurangan yang dapat terjadi.

Namun demikian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengaku optimis bahwa tidak akan terjadi kecurangan untuk penyelenggaraan USBN kali ini.

“Materi soal USBN bisa ditukar dengan sekolah lain di masing-masing zona yang ada MGMP-nya. Karena yang susun guru-guru di MGMP otomatis semuanya sudah tahu apa saja yang harus diajarkan ke siswa, jadi sangat aneh bila masih ada kecurangan,” kata dia seperti dilansir laman JPNN Minggu (19/3).

Tahun ini siswa harus mengikuti dua jenis ujian yakni Ujian Nasional (UN) dan USBN. Tujuan ditambahkannya ujian tersebut untuk siswa kelas akhir adalah untuk peningkatan mutu ujian sekolah khususnya beberapa mata pelajaran tertentu saja.

Soal dari pusat sebanyak 20-25 persen diserahkan ke dinas propinsi/kabupaten yang bakal mendistribusikan ke sekolah, ditambahkan dengan soal buatan guru sendiri.

Tahun ini, siswa SMA sederajat mengikuti USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), sedangkan siswa SMP mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta Ilmu Pengetahuan Sosial.

Bagi siswa SMA sederajat akan mendapat pula tambahan ujian Fisika, Kimia, dan Biologi serta Sejarah. Untuk SMA IPA ditambahkan Ekonomi, Geografi, Sosiologi.

Sedangkan IPS adalah Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing untuk jurusan Bahasa.

Ujian USBN untuk SMK adalah uji keterampilan komputer.

 

 

Komentar Anda