Scroll to Top

Ibu Hamil Sering Makan Labu Siam Ini Efeknya Untuk Bayi

By C Novita / Published on Monday, 20 Mar 2017

labu siam

Ibu hamil yang banyak kosumsi sayur labu siam ternyata bayinya akan mendapat beberapa keuntungan dari sisi kesehatan. Tak heran jika sayur yang kadang disebut manisah atau jipang ini dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua usia selain karena bercita rasa enak dan empuk, ia juga mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Beberapa zat bermanfaat yang dimiliki oleh labu siam antara lain jumlah serat yang tinggi, sekira 1,7 gram pada 100 gram porsinya. Ini baik bagi pencernaan terutama sebab ibu hamil banyak yang mengalami sembelit atau susah BAB.

Tak hanya itu, menurut laman nutrition-and-you.com pada labu siam juga terdapat kandungan asam folat tinggi yakni 93 milikilogram per 100 gram porsi penyajian. Ini adalah zat yang baik bagi pertumbuhan janin dalam rahim karena dengan mengonsumsi 100 gram saja ibu hamil sudah memenuhi 23,25 persen kebutuhan tubuh per hari.

Jika ibu mendapat asupan asam folat yang cukup maka akan menghindarkan janin dari resiko lahir cacat. Ini juga zat yang dibutuhkan dalam pembentukan otak sehingga terhindar dari neural tube defects (gangguan otak).

Untuk orang dewasa, butuh 400 milikilogram asam folat per hari sehingga Anda dianjurkan memenuhinya dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Tubuh ibu hamil dan manusia umumnya pun membutuhkan kalium yang baik untuk mengendalikan tekanan darah, kerja otot, serta simpul saraf yang normal. Kalium juga berfungsi untuk kelancaran sirkulasi oksigen dalam darah ke organ otak dan jantung sehingga Anda bisa tetap beraktiftas normal.

Berbagai manfaat dari labu siam tersebutlah yang membuat ibu hamil khususnya dianjurkan banyak mengonsumsi untuk kesehatan janin yang sedang dikandung. Itu untuk mencegah hipertensi, bayi lahir cacat, tekanan darah stabil, dan sembelit. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Komentar Anda