Scroll to Top

Hans Peter Schaller: Marquee Player Oke Tapi Ada yang Lebih Penting!

By Aditya / Published on Tuesday, 21 Mar 2017

hans peter schaller indra sjafri bali united

Pelatih Bali United, Hans Peter Schaller, angkat bicara tentang kebijakan PSSI tentang marquee player atau pemain bernama besar di kompetisi Indonesia Super League (ISL) atau Liga 1 2017 mendatang. Menurutnya, jika klub Indonesia memiliki marquee player memang oke, tapi bukan itu yang utama, masih ada yang jauh lebih penting ketimbang menghabiskan uang untuk merekrut mantan pemain bintang.

“Itu hal positif yang bisa diambil dari kebijakan baru PSSI ini (tentang marquee player),” ungkap Hans Peter Schaller beberapa waktu lalu.

“Tapi pastinya biaya yang dikeluarkan suatu klub tidak sedikit untuk mendatangkan seorang pemain dengan label bintang dunia. Fokus saya saat ini adalah bagaimana tim ini semakin menunjukkan progres peningkatan sebelum kompetisi bergulir sebulan lagi,” lanjutnya.

Pelatih asal Austria yang pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia senior ini menambahkan bahwa seorang pemain bintang belum tentu bisa mengangkat performa sebuah tim. Satu pemain tidak menentukan penampilan dan sepakbola bukan permainan perseorangan.

“Tentu sebuah tim bisa menjadi solid ketika seluruh pemain bisa menjaga kekompakan satu sama lain,” kata Hans Peter Schaller.

“Seorang pemain bintang sekalipun tidak akan bisa membuat sebuah tim menjadi kuat apabila tidak ada dukungan dari pemain lainnya. Sepakbola adalah olahraga tim,” tegas mantan asisten pelatih Alfred Riedl di Timnas Indonesia senior yang juga pernah menukangi PSM Makassar ini.

 

Komentar Anda