Scroll to Top

Masjid Berbentuk Kapal Ini Bikin Kagum, Ada di Semarang

By C Novita / Published on Tuesday, 21 Mar 2017

014156500_1490012198-masjid_nabi_nuh2

Masjid di Kota Semarang ini berbentuk seperti kapal, lengkap dengan sebuah kolam air di sekitarnya. Tak heran jika tempat ibadah tersebut dinamakan Masjid Bahtera Nabi Nuh. Inspirasinya memang berasal dari kisah sang nabi dan umatnya yang berhasil selamat dari banjir bandang selama berhari-hari dengan menaiki sebuah bahtera.

Anda yang ingin mengunjungi masjid mirip bahtera ini, tempatnya ada di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan. Selain bentuk masjidnya yang unik, halaman dan tamannya juga luas. Ini bisa digunakan sebagai bahan edukasi religi bagi anak-anak agar mencintai masjid.

Masjid tersebut dibangun oleh kyai bernama Achmad, dengan luas mencapai 2.500 meter persegi. Panjang masjid hingga 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi mencapai 14 meter. Terdiri atas tiga tingkat, dan bercat dominan putih. Pertama kali masjid Bahtera Nuh ini dikenal luas oleh netizen karena unggahan seseorang ke media sosial.

083649100_1490012075-masjid_nabi_nuh

Sejak itu mulai banyak netizen dari dalam dan luar Semarang yang penasaran dan ingin mengunjungi masjid berbentuk unik tersebut.

Kiai Achmad yang memprakarsai pembangunan masjid tersebut berharap masyarakat muslim dapat meneladani dan mengingat keimanan Nabi Nuh yang membuat bahtera karena diperintah oleh Allah SWT. Padahal tempat tinggalnya adalah di sebuah tempat yang jauh dari laut, di pegunungan.

Saat ini masjid tersebut masih dalam taraf finishing, sudah 90 persen jadi. Selain ruangan untuk sholat ada pula tempat untuk resepsi pernikahan atau hajatan yang bisa digunakan masyarakat. Menurut takmir masjid, saat ini biaya yang dihabiskan untuk membangun sudah mencapai Rp 5,5 miliar.

 

Pic: liputan6.com

Komentar Anda