Scroll to Top

Pilah-Pilih Teman Curhat itu Penting

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Jan 2012

teman curhat

Keberadaan teman sangat penting. Dia menjadi tempat berbagi saling membantu, bahkan menjadi pendamping saat curhat. Barangkali, wanita adalah sosok yang paling terbuka saat curhat kepada teman sesama jenisnya. Sampai-sampai, urusan paling pribadi pun diceritakan dan dimintakan pendapat kepada temannya.

Hanya saja, hati-hatilah memilih teman untuk curhat. Jangan sampai Anda malah dibuat stres sendiri dengan pendapat dari mereka yang kurang bisa memosisikan diri. Nah, ada beberapa jenis teman yang sebaiknya Anda hindari untuk dijadikan teman curhat.

  • Teman yang suka memvonis. Tipikal orang ini suka memberikan pendapat yang justru memojokkan dengan berbagai alasan kelemahan seseorang. Dia sebenarnya kurang peduli terhadap permasalahan saat dicurhati dan memilih memberikan jawaban yang cenderung menghakimi. Bukan solusi yang mungkin Anda dapat, tapi rasa kesal yang bisa jadi muncul. Anda tidak perlu curhat sampai mendapalam dengan teman bertipe ini.
  • Sulit diajak kompromi. Teman yang satu ini cenderung pilah-pilih orang. Dia mungkin hanya bisa menerima kelebihan Anda, namun di lain sisi, dia kurang mampu menerima kekurangan yang Anda punya. Sebaiknya hindari menyeritakan sisi rahasia Anda kepada orang ini.
  • Jauhi mantan kekasih. Curhat kepadanya berarti Anda membuka kembali cinta lama yang mungkin bersemi kembali. Sekali pun Anda dan dia berteman baik, menjadikannya teman curhat bisa membuatnya menyalahgunakan kisah Anda untuk kepentingan pribadinya.
  • Teman yang diam-diam memusuhi. Bahaya dari teman ini cukup laten, atau tersamar. Dia sebenarnya memendam permusuhan pada Anda. Namun, dia sering bermuka dua kalau berbicara dengan Anda. Di depan Anda tampak manis, tapi di balik layar, dia siap menjegal Anda dengan cara apa pun. Kenali teman-teman yang sekiranya punya niat tidak baik pada Anda. Dan, jangan sekali-kali curhat masalah pribadi Anda dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda