Scroll to Top

Charly van Houten: Tidak Ada yang Abadi!

By Aditya / Published on Monday, 02 Jan 2012

Band ST12 yang sempat begitu fenomenal dalam beberapa tahun terakhir ini akhirnya resmi bubar tepat memasuki tahun 2012. Perbedaan prinsip dan konflik internal yang berujung pada keretakan tidak mampu lagi diperbaiki oleh para personel band asal Bandung yang telah banyak sekali menelurkan hits ini.

Charly van Houten (vokal), Pepeng (gitar), dan Pepep (drum), memang tidak pernah menyatakan ST12 bubar atau berantakan. Namun, mereka sangat menyadari bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk ST12.

“Tidak ada istilahnya bubar dan berantakan, semua memang tidak ada yang abadi,” kata vokalis ST12, Charly van Houten seperti dirilis oleh TribunNews, Minggu (1/1/) kemarin.

Menutup tahun 2011, ST12 pun sepakat berpisah. Mereka tampil untuk terakhir kalinya dalam acara malam tahun baru di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Lantunan salah satu hits terbaik mereka, “Saat Terakhir”, seolah-olah menjadi penegas bahwa itulah saat terakhir kebersamaan trio personel ST12.

Untuk ke depannya, Charly van Houten dan Pepeng disebut-sebut akan membentuk band baru, begitu juga dengan Pepep yang menyatakan akan terus eksis di jagat musik Indonesia meskipun tidak lagi bersama kedua karibnya lagi. Ada kemungkinan Pepep akan terus mempertahankan ST12.

Mungkin tidak berlebihan jika kelak nama ST12 akan tercatat dalam sejarah musik Indonesia sebagai legenda yang mempelopori aliran “musik Melayu”. Sudah menjadi fakta bahwa setelah ST12 berkibar, banyak sekali band-band beraliran “musik Melayu” yang menyesaki industri musik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda