Scroll to Top

Saridjah Niung, ‘Sosok Asli’ Ibu Soed Bernyanyi Di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 26 Mar 2017

Saridjah Niung, 'Sosok Asli' Ibu Soed Bernyanyi Di Google Doodle Hari Ini 2

Hari lahir Saridjah Niung ke-109 dirayakan di google doodle hari ini Minggu, 26 Maret 2017. Sebagian di antara kita mungkin kurang familier dengan nama tersebut. Tetapi, ketika kemudian disebutkan Saridjah Niung adalah nama asli Ibu Soed, tentu siapapun akan mengenal tokoh yang lagu-lagunya menjadi bagian masa kecil kita. Di Google hari ini, animasi Saridjah Niung bernyanyi, ditampilkan untuk mengenang jasa-jasa beliau.

Saridjah Niung lahir di Sukabumi Jawa Barat pada 26 Maret 1908. Beliau sejak awal memang tertarik dengan dunia seni. Bergelut sebagai guru, Saridjah juga menekuni berbagai bidang kesenian seperti menyanyi, menciptakan lagu. Beliau juga sorang penyiar radio dan mendalami batik. Nama Ibu Soed sekilas tidak berkaitan dengan nama asli beliau. Tetapi nama itu muncul setelah Saridjah Niung menikah dengan Raden Bintang Soedibjo.

Kita mengenang Ibu Soed karena karya-karya beliau seperti “Bunyi Hujan”, “Hai Becak”, “Burung Kutilang” dan sekian lagu lain yang begitu indah didengarkan pada masa kecil. Lagu-lagu itu bukan hanya nikmat didengar, tetapi juga diisi dengan lirik berbahasa santun dan lembut. Dikutip dari Kompas, lagu-lagu anak ini digagas Ibu Soed setelah melihat anak-anak didik beliau di HIS tampak kurang bahagia.

Saridjah Niung, 'Sosok Asli' Ibu Soed Bernyanyi Di Google Doodle Hari Ini

Dari sinilah terpikir oleh Ibu Soed untuk mengajarkan nyanyian kepada mereka; bagi beliau, musik mencairkan suasana tegang dan menyejukkan hati. Dan, sepanjang hidup Ibu Soed, tercatat lebih dari 200 lagu yang digubah beliau. Lagu-lagu itu tidak lekang dihapus zaman; dan terus dinyanyika oleh anak-anak Indonesia.

Tidak hanya lagu anak, Ibu Soed juga menciptakan lagu-lagu penuh semangat perjuangan, seperti “Bendera Merah Putih”, “Berkibarlah Benderaku”, hingga “Tanah Airku”. Dengan segudang keistimewaan itulah Google hari ini secara khusus menampilkan animasi Ibu Soed yang sedang bernyanyi.

Di sebelah beliau tampak tiga anak yang sedang duduk dan berbaring santai, mendengarkan radio zaman dahulu, menikmati lantuan lagu Ibu Soed. Not-not balok yang tercipta dari lagu itu dibuat sedemikian rupa menyerupai huruf yang menyusun kata Google.

Selamat hari lahir, Ibu Soed.

Komentar Anda