Scroll to Top

PSSI Meminta Klub ISL Menentukan Sikap Sebelum 9 Januari

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Jan 2012

26 Desember lalu, PSSI mengirimkan surat himbauan penting bagi klub-klub peserta Indonesia Super League (ISL). Dalam surat tersebut, PSSI mengajak klub untuk kembali ke pangkuan liga legal, Indonesia Premier League (IPL). Tindakan PSSI ini bukannya diciptakan asal-asalan, melainkan merujuk pada permintaan FIFA agar mereka mengontrol sepenuhnya dunia persepakbolaan Indonesia dalam skala nasional.

Djohar Arifin

Djohar Arifin, Ketua Umum PSSI, memberi waktu yang cukup longgar bagi klub untuk berpikir ulang. Seperti yang diberitakan TEMPO, PSSI menjadwalkan, dalam dua minggu setelah surat dikirim, keputusan sudah ditetapkan.

“Kami sudah kirim surat ke klub-klub itu 26 Desember kemarin dan memberi waktu hingga dua minggu sejak surat itu dikirim,” kata Djohar.

Artinya, sebelum 9 Januari 2012, semestinya klub sudah bisa berpikir jernih dan rujuk ke IPL. Namun, jika melewati tangal tersebut dan klub masih ngotot berlaga di ISL, sanksi yang lebih tegas siap meluncur. Sebelumnya, beberapa klub sudah merasakan pahitnya diberi hukuman degradasi karena melanggar aturan PSSI yang diadopsi dari peraturan FIFA.

Yang menarik, ada dua pernyataan berbeda tentang pengambilan keputusan klub. Pihak perwakilan klub ISL biasanya tetap bersikukuh menetap di ISL. Sriwijaya FC sebagai contoh. Klub ini awalnya berencana mendua dengan menurunkan tim utama di ISL dan memakai tim “lapis kedua” di IPL. Namun, PSSI menolak sikap Siriwijaya FC. Akibatnya, Laskar Wong Kito benar-benar keluar dari IPL karena merasa dizalimi PSSI.

Menanggapi patokan 9 Januari 2012, Augie Bunyamin, Direktur Keuangan Sriwijaya FC, tidak gentar. Ia mengaku keputusan Sriwijaya FC disebabkan oleh keinginan SFC-Mania yang memang lebih suka klub kesayangan mereka berlaga di liga naungan PT LI.

“Kami tidak bisa menolak keinginan pencinta bola di sini. Mereka akan marah kalau kami ke LPI. Selain itu Sriwijaya FC juga menilai kompetisi di LSI sesuai dengan hasil kesepakatan PSSI di Bali,” Kata Augie kepada TEMPO.

Pernyataan ini agak berbeda dengan ucapan Agus Yasmin, anggota tim rekonsiliasi PSSI yang bertugas untuk bernegoisasi dengan klub.

Kata Agus, Persib berpeluang kembali ke IPL, “Saya sudah bertemu langsung dan berbicara dengan pengurus Persib, Sabtu kemarin. Tanggapan mereka positif dan sepertinya akan membicarakan ini dengan serius di internal mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda