Scroll to Top

Hasil Penelitian: Sengatan Lebah Bisa Matikan Sel Kanker

By C Novita / Published on Friday, 31 Mar 2017

h lebah pembunuh

Terapi menggunakan sengatan lebah atau tawon untuk kesehatan sudah banyak digunakan saat ini. Efektifitasnya pun telah terbukti untuk beberapa jenis penyakit. Baru-baru ini sebuah studi di Brasil mulai mencoba menguji sengatan lebah untuk penyakit yang lebih parah yakni kanker. Hasilnya, sel kanker bisa mati dengan sengatan lebah yang rutin dilakukan.

Racun dalam sengatan lebah mampu melawan sel kanker, dengan tidak ikut membunuh sel tubuh yang sehat. Dilansir laman BBC, organ tubuh lain pun tidak sampai mengalami hal yang fatal, melainkan hanya sel kanker saja yang terpengaruh begitu parah.

Racun lebah tersebut mengandung toksin MP-1 dengan kandungan baktericide atau anti bakteri serta anti tumor. Saat masuk ke dalam sel kanker, maka ia akan menyerang komposisi lipid di sel membran kanker.

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Sao Paulo State of University dan University of Leeds tersebut sangat berharga dalam usaha mencari obat kanker yang mujarab. Ia bisa dipakai secara stimulan bersama obat kanker lain yang sudah ada.

Dr Paul Beales dari University of Leeds mengaku bahwa hingga kini temuan tersebut masih dikembangkan, untuk hasil yang terbaik bagi bidang pengobatan kanker.

“Kami butuh data lebih banyak untuk melakukan percobaan dan memastikan apakah obat dari toksin lebah tersebut dapat bermanfaat untuk pasien kanker,” kata Dr. Aine Carthy dari Science Information Officer Cancer Research UK.

 

 

Komentar Anda