Scroll to Top

100% Gol Barcelona di Copa del Rey Musim Ini Dibuat Jebolan La Masia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Jan 2012

Kamis dini hari, 5 Januari 2012 menjadi titik awal perjalanan Barcelona tahun ini. Mereka akan menghadapi Osasuna dalam babak perdelapan final Copa del Rey. Pep Guardiola kemungkinan akan memainkan beberapa pemain Barcelona B dalam laga ini untuk menjaga segala kemungkinan. Maklum, bisa jadi Blaugrana berlaga 12 kali dalam 38 hari pada Januari hingga Februari.

Isaac Cuenca

Menurunkan pemain lapis kedua juga bukan tanpa kepentingan. Sejauh ini, 100% gol Barcelona di Copa del Rey dibuat oleh jebolan akademi mereka sendiri, La Masia. Dalam dua laga babak 32 besar lalu, sudah ada 10 gol yang dikemas oleh Blaugrana.

10 gol itu masing-masing dibuat oleh Andres Iniesta (2 gol), Cristian Tello (2 gol), Isaac Cuenca (2 gol), Thiago Alcantara (2 gol), Pedro Rodriguez, dan Xavi Hernandez. Keenam pencetak gol dibesarkan sendiri dari akademi Barcelona dan keenamnya adalah pemain Spanyol.

Khusus Thiago Alcantara, ia memang berdarah Brazil. Ayahnya bahkan menjadi salah satu tulang punggung tim Samba ketika menjuarai Piala Dunia 1994. Namun, Thiago sendiri sudah memutuskan untuk memilih Spanyol sebagai negara yang dibelanya sejak 2007, ketika ia tampil untuk timnas Spanyol U-16.

Bahkan, jika kita melihat persentase pencetak gol Barcelona di seluruh kompetisi musim ini, lulusan akademi La Masia menyumbang 78,82% gol.

Lionel Messi menjadi yang terbanyak dengan 29 gol. Setelah Messi, ada Fabregas yang mengemas 11 gol.

Jebolan akademi La Masia tersubur berikutnya adalah Xavi Hernandez (8 gol),  Pedro Rodriguez (6 gol), Isaac Cuenca (4 gol), Andres Iniesta (4 gol), Cristian Tello (2 gol), Sergio Roberto, Gerard Pique, dan Carles Puyol (1 gol).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda