Scroll to Top

Standar Emisi Euro4 Segera Diterapkan di Indonesia, Harga BBM Lebih Mahal

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 05 Apr 2017

Asap-knalpot

Standar emisi Euro4 segera berlaku di Indonesia. Hal ini diperkuat dengan keluarnya Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 bertanggal 10 Maret 2017. Permen tersebut mengukuhkan segera diberlakukannya standar emisi Euro4 yang efektif dijalankan mulai 18 bulan mendatang. Standar ini diawali dari BBM jenis bensin. Sementara itu dalam jangka empat tahun mendatang juga berlaku untuk BBM solar.

Adanya pemberlakuan aturan ini akan berdampak langsung pada lingkunga yang lebih bersih dari pencemaran. Sementara itu bagi dunia bisnis, industri otomotif yang akan merasakan efeknya secara langsung. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif aturan tersebut dan telah lama menanti pemberlakuan Euro4.

“Kami senang bahwa Euro4 berjalan, sudah ditetapkan 18 bulan ke depan. Maka pekerjaan rumah untuk teman-teman anggota Gaikindo adalah bagaimana mengimplementasikan ini. Perencanaan dan sebagainya, masalah logistik dan sebagainya,” kata Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum Gaikindo, seperti dikutip laman Okezone.

Nantinya akan terjadi penyesuaian kualitas BBM untuk mencapai standardisasi Euro4. Pasalnya, perangkat pada kendaraan roda dua dan empat juga akan didesain agar memenuhi standar Euro4. Terkait hal ini, Pertamina mengatakan siap menyediakan BBM yang diperlukan dan sesuai dengan perangkat. Pertamina juga tengah membangun kilang baru untuk membuat BBM dengan spesifikasi Euro4.

“Pertamina akan menyiapkan produk-produk dengan spesifikasi Euro4 bahkan sudah bisa Euro5. Proyek pembangunan kilang akan selesai pada 2025. Pada 2019, kami harapkan kilang Balikpapan sudah selesai. Jadi akan memproduksi sebagian bensin Euro4 dan sebagian lagi impor. Jadi ready lah Pertamina,” kata Gigih Wahyu Hari Irianto selaku Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina.

Tapi, sudah tentu harga jual BBM baru ini lebih tinggi. Kualitas BBM berspesifikasi Euro4 ada di atas Pertamax Turbo. Untuk saat ini, Pertamax Turbo adalah BBM yang spesifikasinya sudah mendekati standar Euro4 dengan banderol Rp 9.000-an per liter.

“Bergantung perbandingnya apa, misalkan Pertamax Turbo yang sudah mendekati Euro4. Pertamax Turbo harganya Rp9.000-an. Nah, harga BBM Euro4 akan lebih mahal,” kata Afandi selaku Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina.

Komentar Anda