Scroll to Top

Bagaimanakah Wajah MacBooks & Ultrabook Di Tahun 2012?

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 03 Jan 2012

Tahun 2012 diperkirakan akan menjadi periode dimana segala jenis laptop akan mengarah ke satu jalur. Laptop dengan ukuran super tipis akan benar-benar terealisasi sedangkan optical drive internal tak akan terpakai lagi. Sementara itu beberapa vendor akan menjajaki kemunculan laptop hibrid.

Kita coba tengok yuk, bagaimana penampakan MackBook serta Ultrabook ditahun 2012 ini.

Apple: Apple diperkirakan akan menggabungkan tema desain MackBook Air ke model yang lebih beragam lagi, termasuk penggunaaan layar berukuran 15 inchi dengan san optical drive. Tentunya tak perlu ditebak lagi sejak kemunculan MacBook Air 2008 lalu maka perusahaan yang pernah dipimpin oleh Steve Jobs ini akan tetap menjadi penentu trendsetter.

Trendsetter ini meliputi rumor pemakaian layar display dengan resolusi 2.880 x 1.800 piksel, dan tentunya hal itu akan menjadi suatu pencapaian yang luar biasa dalam kelas laptop 15″ seperti halnya HP EliteBook 8560p yang hanya memiliki resolusi 1,600-dan-900. MackBook 15″ produksi Apple saat ini saja memiliki resolusi maksimal 1.680 x 1050 piksel. Hebatnya lagi laptop 15″ dengan resolusi sebesar itu nantinya akan menjadi laptop super tipis yang pernah dibuat Apple.

Lalu bagaimana dengan mesin yang dibenamkan didalamnya? Dimungkinkan Intel Ivy Bridge Processor yang mendukung USB 3.0 atau bahkan Nvidia’s newest graphics chips yang akan dipakai Apple. Atau bisa saja mereka menggunakan chip Apple A series milik mereka sendiri.

Ultrabook: Diperkirakan Windows 8 akan menjadi katalis utama Ultrabook (itupun jika memang benar Windows 8 akan hadir di 2012 :D ). Dan model standar dengan layar sentuh atau bahkan hibrid yang tidak seperti Asus Eee Pad Transformer Prime akan muncul.

Perbedaan antara Transformer Prime dengan Ultrabook 2012 adalah laptop yang disebutkan dibagian terakhir menggunakan Windows, dimana platform ini masih tetap menjanjikan dengan lebih dari 4juta aplikasi diluar sana sedangkan Transformer Prime menggunakan Android 3.2.

Untuk masalah prosesor maka Ultrabook akan tetap menggunakan Intel Ivy bridge, dimana masih jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan ARM-hibrid. Tapi tentu saja masalah harga akan menjadi kendala utama bagi Ultrabook. Untuk tahun kemarin saja Toshiba unggul dengan menyediakan Portege Z835 dengan harga rendah $699, sedangkan Sony’s Vaio Z series VPCZ216GX/L memegang harga tertinggi.

Jadi siapakah yang akan lebih menarik perhatian konsumen di tahun 2012 nanti? Apakah Macbook Air atau Ultrabook? Perkiraan terbaik saya adalah Ultrabook setidaknya membutuhkan injeksi Windows 8 sebelum bisa bersaing dengan MacBook Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda