Share

Angry Birds bisa saja menjadi game terpopuler saat ini. Game burung-burung pemarah tersebut, yang telah kini tersedia untuk bermacam platform OS, kabarnya telah didownload lebih dari 500 juta kali dan telah dinobatkan sebagai jawara 10 aplikasi iPhone dan iPad terbaik 2011.

Namun pendapat berbeda dikeluarkan oleh Henk Rogers, manajer dari The Tetris Company (TTC). TTC adalah perusahaan yang memiliki hak cipta atas Tetris, game legendaris yang mulai populer di tahun 90an.

Rogers mengatakan bahwa Tetris tidak bisa disandingkan dengan Angry Birds, dimana Tetris lebih mengarah kepada sport, sedangkan game besutan Rovio tersebut hanyalah sesuatu yang akan segera membuat orang bosan.

“Sekali lagi saya ingin membandingkannya dengan olahraga, pada awalnya itu adalah sebuah aktivitas, seperti golf yang dulunya adalah sebuah aktivitas lalu menjadi sebuah olahraga. Saya berpikir sekali orang memainkan lebih dari 20 atau 25 tahun Anda bisa mengatakan itu adalah olahraga, itu bukan lagi hanya untuk iseng-iseng”.

Rogers menambahkan,

“Angry Birds itu lucu dan semua orang bermain untuk sementara waktu tetapi mereka akan bosan dan pindah dan mereka akan memainkan permainan lain”.

Lebih lanjut Rogers mengatakan bahwa berbeda dengan Angry Birds, Tetris tidak akan pernah membuat orang bosan, itu akan selalu menyenangkan untuk dimainkan.

“Tetris adalah seperti Hari Ulang Tahun, itu akan terus terjadi. Semua orang memiliki game yang datang dan pergi, mereka juga membuat parade hit (score), tapi ini semua sementara. Anda harus bekerja sangat keras untuk membuat game tidak terkenal anda menjadi nomor 1. Tetapi ketika kita kembali merilis Tetris, itu langsung menjadi nomor 1, meskipun kita tidak melakukan pemasaran apapun”.

Game Tetris sendiri pertama kali diprogram oleh Alexey Pajitnov, seorang pria berkebangsaan Soviet dan resmi dirilis pada Juni, 1984.

Tetris mendapat sukses besar setelah dirilis dalam versi handheld oleh Game Boy pada tahun 1989. Game tersebut mendapat predikat sebagai “Greatest Game of All Time” dari majalah EGM (Electronic Gaming Monthly).

Tahun 2007 Tetris juga masuk sebagai runner up dalam “100 Greatest Video Games of All Time” oleh salah satu situs game besar, IGN, dengan penjualan mencapai 70 juta kopi. Dan pada tahun 2010 kabarnya Tetris telah terjual lebih dari 100 juta kopi untuk versi mobile phonesnya saja.

Anda setuju dengan Henk Rogers?