Scroll to Top

Hasil Pilkada DKI Putaran Ke 2: Anies-Sandi Menang Versi Exit Poll

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 19 Apr 2017

Hasil Pilkada Dki Putaran Ke 2 Anies-Sandi Unggul Versi Exit Poll

Hasil Pilkada DKI putaran ke 2 memang belum diumumkan oleh KPU. Meskipun demikian, berdasarkan versi exit poll tiga lembaga survey, Anies-Sandi dinyatakan ‘menang’. Menurut Populi Center, pasangan nomor urut tiga ini meraih 53,3%. Sementara itu menurut Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), keunggulan Anies Baswedan-Sandiaga Uno lebih tipis lagi, yaitu 51,1 persen.

Berdasarkan exit poll yang dilakukan oleh Populi Center, Anies-Sandi mengantongi suara sejumlah 53,3 persen. Pasangan saingan mereka, Ahok-Djarot memperoleh 33,4% suara. Sebagai catatan, pemilih yang merahasiakan pilihan mencapai 12,5 persen; sementara yang tidak memilih kedua pasangan ini ada di angka 0,9 persen.

Diungkapkan oleh peneliti Populi Center, Nona Evita kepada MetroTVNews, bahwa exit poll berbeda dengan quick count. Dalam metode exit poll, para pemilih ditanyai soal pilihan mereka ketika keluar dari TPS. Sementar data quick count didasarkan pada suara TPS. Dengan demikian, ada kemungkinan terjadi perbedaan angka antara kedua metode ini.

Nona Evita mengungkap, “Exit poll belum tentu mencerminkan hasil akhir quick count. Exit poll ini hanya pendapat (pemilih yang keluar dari TPS), kalau quick count itu kan pilihan (resmi, yang tercatat di TPS). Kalau dilihat dari exit poll Populi Center yang sifatnya indikatif karena kurangnya keterbukaan masyarakat terhadap referensi pada pilihannya, (maka) yang menang Anies-Sandi.”

Hasil Pilkada DKI putaran ke 2 2

Sementara itu, hasil exit poll Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) juga menunjukkan kemenangan Anies-Sandi. Penelitian LKPI sendiri dilakukan dua kali, yaitu saat pemilih hendak masuk TPS, dan saat keluar. Untuk hasil exit poll yang petama, Anies-Sandi memperoleh 51,1% suara. Akan halnya Basuki-Djarot meraih 48,9% suara.

Perbedaan terjadi ketika masyarakat keluar dari TPS. Ada kecenderungan pemilih untuk lebih banyak mengubah pilihan pada Anies-Sandi. Pasalnya, persentase pasangan ini naik menjadi 52,6 persen suara. Sementara Basuki-Djarot turun di angka 47,4 persen.

Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono menuturkan, exit poll yang dilakukan pihaknya ini memiliki tingkat kesalahan (margin of error) di kisaran plus-minus 1,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Dengan demikian, maka pasangan Anies-Sandi akan terpilih sebagai gubenur dan wakil gubenur baru DKI Jakarta,” jelas Arifin. Dia menjelaskan, exit poll dilakukan pukul 8 di 2416 dari 13034 TPS yang tersebar  di DKI Jakarta. Margin of Error exit poll ini plus minus 1,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Beberapa lembaga lain yang mengadakan exit poll juga mengumumkan kemenangan Anies-Sandi. Misalnya Polmark yang menyebut, pasangan nomor tiga  mendapatkan perolehan suara  55,98 persen, sementara Ahok-Djarot hanya 34,74 persen. Sebagai catatan ada 8,58 persen pemilih yang merahasiakan pilihannya; dan yang tidak menjawab ada di angka 0,70 persen.

Foto: Antara/Rosa Panggabean, Puspa Perwitasari

Komentar Anda