Scroll to Top

Awas, Minuman Soda Diet Beresiko Sebabkan Stroke

By C Novita / Published on Friday, 21 Apr 2017

diet soda

Biasanya minuman soda diet (diet coke) dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar karena kandungan gulanya rendah. Padahal sebuah penelitian dari Boston University menyebut bahwa terbiasa mengkonsumsi minuman diet tersebut bisa memicu stroke dan demensia.

Hal itu diketahui usai para peneliti melakukan studi yang melibatkan 4.400 orang di London. Kesimpulan lainnya, minuman yang tidak melabelkan diri sebagai minuman diet dan mengandung gula malah tidak ditemukan hubungannya dengan penyakit stroke dan demensia.

Mengapa minuman diet dapat memicu penyakit berat tersebut? jawaban para peneliti adalah karena kandungan pemanis buatannya. Umumnya minuman diet memakai pemanis jenis aspartam dan sakarin. Diduga pemanis buatan ini menyebabkan pembuluh darah terpengaruh dan dalam jangka panjang memicu stroke dan demensia.

Studi yang telah dipublikasi dalam jurnal American Heart Association Stroke itu juga menyebutkan bahwa minuman soda diet ternyata memang tidak 100 % membantu menurunkan berat badan.

“Kami masih memerlukan penelitian lebih lanjut, dengan melihat seberapa sering seseorang minum minuman beraroma artifisial,” ungkap Matthew Pase, ilmuwan dari Departermen Neurologi di Boston University School of Medicine seperti dilansir laman Daily Mail.

Hasil studi tersebut menjadi salah satu alasan para ilmuwan untuk menyarankan semua orang agar tidak banyak konsumsi minuman dengan pemanis buatan maupun pemanis asli. Lebih banyak lagi minum air putih demi kesehatan dan diet yang berhasil.

 

 

 

Komentar Anda