Scroll to Top

Ultah Affandi Sang Pelukis Legendaris di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 01 May 2017

Affandi Google Doodle

Ultah Affandi dirayakan di Google doodle hari ini Senin, 1 Mei 2017. Ulang tahun sang pelukis legendaris yang ke-110 itu diperingati dengan doodle wajah Affandi dengan gaya ekspresionis yang bagai dilukis memakai cat langsung dari tabungnya, ciri khas Affandi.

Jika kita mengunjungi halaman utama Google hari ini, tampak sebuah wajah penuh kharisma dengan perpaduan goresan warna kuning, oranye, hijau, dan hitam. Inilah lukisan wajah Affandi, sosok yang sepanjang hidupnya telah mencetak lebih dari 2000 lukisan. Jelas bukan tanpa alasan Google membuat lukisan semacam itu, karena Affandi yang lahir di Cirebon, 1 Mei 1907 memang sosok inspirasional.

Google mencantumkan, “Doodle hari ini menghormati kenangan akan Affandi dengan gaya (lukisan) yang menyerupai metodenya yang memakai cat langsung dari tabungnya. Garis-garisnya, seperti guratan Affandi, luwes dan bersemangat, dengan warna-warna seperti yang dahulu biasa dipakainya. Selamat ulang tahun, Affandi!”

Affandi, yang mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari University of Singapore tahun 1974, punya latar belakang hidup yang penuh manis-pahit. Ia pernah bekerja sebagai guru, tukang sobek karcis, dan pembuat lukisan di papan reklame bioskop. Di pekerjaan terakhirnya tersebutlah, Affandi mendapatkan ide.

Ultah Affandi Sang Pelukis Legendaris di Google Doodle Hari Ini

Sisa cat yang disimpan kala menggarap papan iklan, digunakan Affandi untuk mengembangkan kemampuan melukisnya. Hebatnya, hal itu dilakukan Affandi secara autodidak. Dari sini pula, muncul ciri khas Affandi sepeti yang disebut di muka; menuangkan cat langsung dari wadah tabung ke atas kanvas; kemudian daripada menggunakan kuas, ia menggunakan tangan sendiri untuk ‘menyapu’ cat tadi membentuk lukisan menakjubkan.

Karya-karya Affandi sudah dipamerkan ke berbagai penjuru dunia sejak 1940-an. Bukan hanya di Indonesia atau benua Asia saja, tetapi jua Eropa, Amerika, dan Australia. Karya memukau pria bernama lengkap Affandi Koesoema ini bahkan dipuji kritikus seni dari Barat; karena Affandi dianggap memberikan corak baru untuk aliran ekspresionisme.

Affandi telah meninggal dunia pada 23 Mei 1990. Namun karya-karyanya sampai kapanpun terus meninggalkan kesan luar biasa; bukan hanya untuk generasinya, tetapi untuk sekian generasi lagi.

 

Komentar Anda