Scroll to Top

4 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Bikin Sehat Lho

By C Novita / Published on Thursday, 04 May 2017

bunga mawar

Bunga tidak hanya sedap dipandang, namun beberapa jenis diketahui dapat dikonsumsi dan juga membawa manfaat positif bagi kesehatan. Kebiasaan makan bunga sebenarnya sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak dulu, namun penelitian tentang manfaat kesehatannya memang baru dilakukan oleh ilmuwan belakangan ini.

Laman Daily Star melansir hasil penelitian dari Lina Xiong, yang menyebut bahwa beberapa jenis bunga mengandung senyawa bernama phenolics.

Phenolics dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, serta punya sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Hasil studi Lina Xiong itu telah dipublikasi pada Journal of Food Science.

Selain itu, bunga juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti asam folat, niacin, riboflavin, pyroxidine, dan vitamin E serta C.

Berikut ini misalnya, 4 jenis bunga yang baik dikonsumsi dan menyehatkan seperti dilansir laman spoonuniversity:

Mawar

Mawar, terutama yang organik dapat membantu wanita mengatasi masalah haid tidak teratur. Selain itu masalah pencernaan juga bisa diatasi, mengurangi mual, biang keringat, serta bersifat anti bakteri.

Pansy

Bunga pansy berwarna biru keunguan yang kaya zat anti bakteri. Ia membantu mengatasi arthritis, kesehatan kulit, kesehatan rambut, epilepsi, asma, serta hipertensi.

Krisan

Bunga ini banyak dikonsumsi dalam bentuk minuman. Manfaatnya untuk meredakan flu, demam, mata kering, sakit tenggorokan dan melancarkan pencernaan. Kolesterol tinggi pun dapat diatasi, dan mencegah penyakit jantung koroner.

Pacar air

Bunga ini rasanya manis, dan bisa membantu mengurangi stres dan membantu menenangkan.

Selain bunga tersebut, di tanah air dikenal juga bunga melati, bunga turi, bunga kembang sepatu, bunga pepaya, dan beberapa jenis lain yang sedap dikonsumsi.

 

 

Komentar Anda