Scroll to Top

Simpan Ponsel di Jok Motor Bisa Kena Pasal Pidana Lho

By C Novita / Published on Friday, 05 May 2017

ponsel di jok motor

Sebuah berita hoax di media sosial mengemuka tentang meledaknya sepeda motor yang disebut akibat pemiliknya menyimpan ponsel di bawah jok motor tersebut. Terkait berita yang sempat viral itu, lembaga Masyarakat Transportasi Indonesia buka suara.

Menurut salah satu anggota MTI, Djoko Setijowarno, sejatinya menaruh ponsel atau benda yang membahayakan di bawah jok sepeda motor itu tidak disarankan. Bagaimanapun, akibatnya dapat membahayakan keselamatan berlalu lintas.

Pelakunya bisa terjerat pasal 58 UU 22/2009 tentang lalu lintas, kata Djoko Setijowarno. Jadi jika ada yang melakukannya, ia tergolong melanggar undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Bunyi pasal tersebut adalah: setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas,” ungkap Djoko seperti dilansir laman VIVA.co.id.

Pelaku bisa dikenai sanksi jika melanggar, yang diatur pelaksanaannya dalam pasal 279 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Sanksinya adalah pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Meletakkan ponsel atau HP di bawah jok sebaiknya dihindari, demi keselamatan berkendara, tutupnya.

 

 

Komentar Anda