Scroll to Top

Jadi Janda Bisa Picu Kerontokan Rambut

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 04 Jan 2012

rambut rontok

Perceraian bukan hanya menimbulkan luka mendalam di hati. Sama sakitnya pula bila kekasih harus meninggal duluan dan hidup dengan status janda atau duda. Ternyata, akhir buruk cerita cinta ini juga memengaruhi kesehatan rambut. Rambut mudah rontok dan punya tekstur semakin tipis.

Sebuah penelitian oleh Case Western Reserve School of Medicine di AS, mengemukakan, kerontokan rambut tersebut terkait perasaan stres yang cukup tinggi. Rasa depresi ini memicu kerontokan rambut yang terutama dialami oleh wanita.

Selama ini, rambut rontok diketahui dengan dua penyebab utama, yaitu akibat genetik dan usia yang semakin senja. Selain itu, gaya hidup kurang sehat juga dianggap faktor pemicu. Misalnya kebiasaan minum alkohol atau merokok.

Stres adalah aspek mengganggu yang muncul dari sebuah perceraian, yang  memicu kerontokan rambut di kalangan perempuan,” ujar dr. Bahman Guyuron, kepala departemen bedah plastik di Case Western Reserve School of Medicine, seperti ditulis Times of India.

Guyuron memaparkan, kualitas rambut wanita yang sendirian ditinggal suami, dengan yang menikah dan bahagia jauh berbeda. Tebal tipis dan kerontokan rambut mereka bisa dijadikan ukuran. Namun, kata Guyuron, hal ini kurang berlaku bagi pria. Para pria tidak terlalu terpengaruh kerontokan rambutnya kala berpisah dengan istrinya. Hanya, saja, jika pria ini alkoholik atau perokok berat, bisa saja risiko kerontokan rambut sama besarnya wanita yang menjanda.

Penelitian ini melibatkan data 84 wanita kembar identik. Mereka diminta mengisi kuesioner dan diuji hormon darahnya, serta menganalisa bagian rambutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda