Scroll to Top

Bir Pisner Ini Dibuat dengan Bantuan Pipis Manusia. Mau?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 14 May 2017

bir kencing pisner 1

Bir yang dibuat dengan tambahan air kencing benar-benar ada. Norrebro Bryghus, sebuah produsen bir dari Denmark, membuat varian minuman bir baru yang dibuat dari jelai (barley) dan dimasukkan pipuk 50 ribu liter air kencing. Produk ini diberi nama Pisner. Air kencing merupakan akumulasi dari orang yang buang air kecil di sebuah festival musik.

Sekalipun tampak menjijikkan, namun pihak  Norrebro Bryghus memastikan produk akhrnya tidak memiliki sisa air seni manusia. Air seni dari festival musik terbesar di Eropa, Roskilde, akan ditambahkan pada produksi bir yang dibuat dari ladang jelai. Jelai ini dipupuk memakai urin manusia tanpa tambahan urin hewan atau nutrisi tanaman.

bir kencing pisner

“Ketika berita bahwa kami mulai membuat Pisner tersebar, banyak orang mengira bahwa kami menyaring urin untuk dicampurkan ke dalam bir dan kami tertawa terbahak-bahak karenanya,” kata Henrik Vang, kepala eksekutif Norrebro Bryghus, seperti dikutip laman BBC.

Dari sekitar 50 ribu liter air kencing yang diperoleh dari acara musik Roskilde, jumlah bir yang dihasilkan kurang lebih mencapai 60 ribu botol. Ide membuat bir dengan bantuan urin manusia muncul dari pertanyaan mengenai adakah bir hipster yang paling berkelanjutan. Ini disebut dengan konsep beercycling atau bir daur ulang.  Dan, memakai limbah manusia untuk pupuk untuk tujuan dibuat bir adalah hal baru yang belum ada sebelumnya.

Komentar Anda