Scroll to Top

Facebook Gelar Kompetisi Dunia “Hacker Cup”

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Thursday, 05 Jan 2012

facebook hacker cupKesempatan emas bagi Anda, para coder yang memiliki keterampilan dalam pemrograman komputer.

Karena, Facebook sedang mengadakan kompetisi untuk mencari jawara Hacker yang berasal dari seluruh dunia, melalui gelaran kali kedua tantangan Hacker Cup.

Para hacker akan melewati lima putaran tantangan pemrograman dan harus bersaing satu sama lain. Tantangan pertama dimulai pada 20 Januari 2012, untuk babak kualifikasi selama 72 jam. Bagi mereka yang lolos, akan melalui tiga putaran tantangan secara online, sebagai proses penyaringan mencari 25 peserta terbaik.

Babak online tersebut menjadi penentu para hacker untuk melanjutkan pertandingan akhir yang akan digelar pada Maret 2012 nanti. Hacker yang menjadi peserta akan diterbangkan dari Negara asalnya menuju Menlo Park Facebook di California, sebagai markas perhelatan tantangan final.

“Hacking adalah inti bagaimana kita membangun Facebook. Apakah kita sedang membangun prototipe untuk suatu produk besar seperti Timeline, menciptakan suatu algoritma pencarian yang cerdas, atau meruntuhkan dinding di kantor pusat baru. Kami selalu hacking untuk mencari cara yang lebih baik dalam memecahkan masalah, ” ujar pihak perusahaan Facebook dalam postingan blog di situs resminya.

Pengumuman mengenai kompetisi Hacker Cup secara gamblang tertulis pula dalam blog Facebook tersebut. Pemenang dalam tantangan ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $ 5.000. Hacker Cup tahun lalu diikuti oleh sekitar 12.000 coder. Seorang karyawan Google asal Rusia, Mitrichev, menjadi pemenangnya.

Kompetisi serupa lebih dulu dilakukan oleh Google melalui kontes tahunan yang dinamakan Code Jam, dimana Mitrichev menjadi jawaranya pada 2006. Melalui gelaran kompetisi ini, biasanya perusahaan teknologi memiliki motif tersembunyi untuk mendapatkan programmer terampil dan handal, untuk direkrut sebagai karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda