Scroll to Top

Awas Apple: Android Market Gapai 400.000 Aplikasi!

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 05 Jan 2012

Gadget berbasis Android memang saat ini menjadi primadona. Banyak vendor yang berbondong-bondong mengeluarkan varian Android gadget hingga membuat konsmen semakin bebas untuk memilih sesuai kemampuan mereka. Sejalan dengan hal ini aplikasi Androidpun semakin merekah, memang sih jika dibandingkan dengan jumlah aplikasi Apple terbilang masih jauh, namun dengan sedikit rentang waktu dipercaya aplikasi Android semakin mendekati pesaingnya itu.

Data terakhir yang dikeluarkan oleh Distimo menyatakan bahwa Google Android Market saat ini telah mencapai 400.000 aplikasi. Android Market telah tumbuh pesat dengan kecepatan tinggi, walaupun sempat ada isu fragmentasi terhadap sistem operasi tersebut.

Pada bulan April tahun lalu saja aplikasi Android yang aktif masih terbilang sedikit yaitu sekitar 200.000 dan pada akhir Agustus di tahun yang sama jumlahnya berlipat 1,5 kali menjadi 300.000. Kemudian angka ini menjadi 400ribu pada akhir Desember. Menurut Distimo kontribusi Android market ini sebagian besar di sokong oleh aplikasi baru yang sifatnya ‘free’ serta ‘freemium’. Diperkirakan dua pertiga dari kesluruhan aplikasi Android yang beredar adalah gratis.

Sebagai perbandingan dengan Apple App Store saat ini terdapat 540.000 aplikasi aktif dimana data ini diperoleh dari 148Apps.biz. Distimo memperkirakan bahwa dalam kurun waktu satu hingga dua bulan Android Market akan mampu menyamai aplikasi Apple. Sedangkan untuk aplikasi Windows phone 7 OS saat ini hanya gapai 50.000 aplikasi. Berdasarkan data ini Distimo mengatakan bahwa pada dasarnya setiap developer telah mengeluarkan rata-rata 4.1 aplikasi pada tahun 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda