Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Top Skor Liga Elite Eropa, Bikin 367 Gol!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 18 May 2017

Sederet Rekor Cristiano Ronaldo Pasca Tiga Gol ke Gawang Atletico!

Cristiano Ronaldo resmi mencatatkan diri sebagai top skor liga elite Eropa sepanjang masa. Dua gol yang dibukukannya ke gawang Celta Vigo pada Kamis (18/5) memastikan hal tersebut. Kini, CR7 memiliki total 367 gol versi umum, atau 368 versi Marca, untuk mengungguli pencetak rekor sebelumnya, Jimmy Greaves (366 gol).

Memang ada perdebatan apakah Ronaldo sudah mencetak 367 atau 368 gol. Ini terjadi karena Marca sebagai pemegang hak untuk memberikan gelar pichichi (top skor Liga Spanyol) menegaskan jumlah gol sang bintang Real Madrid sudah 368, sementara versi badan statistik lain, angkanya masih 367.

Tapi bagi Cristiano Ronaldo itu bukan masalah. Keitka semua orang ragu, ia mencetak dua gol ke gawang Celta Vigo di Balaidos pada Kamis ini. Gol yang membuat koleksinya, entah berapapun itu sudah menyalip rekor yang dibuat Jimmy Greaves, legenda sepakbola Inggris. Pasalnya Greaves cuma 366 gol, dan sekarang Ronaldo satu atau dua gol, yang penting lebih banyak.

Ini catatan luar biasa bagi Cristiano Ronaldo karena Jimmy Greaves, pria yang pernah tampil untuk  Tottenham, Chelsea, AC Milan,dan West Ham United pada dekade 1950-an hingga 1960-an, memegang rekor itu sejak 1971. Artinya, tidak ada satupun pemain dalam lebih dari empat dasawarsa terakhir yang memecahkan rekor itu sampai tiba era Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo Cuma Butuh 2 Gol Lagi Pecah Rekor Jimmy Greaves

CR7 sendiri sedang buas-buasnya. Dalam delapan pertandingan terakhir, ia mencetak 12 gol. Rotasi pemain yang diterapkan oleh Zinedine Zidane terbukti sangat efektif; dan Ronaldo belum kelelahan ketika tiba akhir musim; masa-masa yang dalam periode sebelumnya cukup bermasalah untuk CR7.

Untuk membuat semuanya lebih berkesan, koleksi gol Cristiano Ronaldo di Liga Spanyol adalah 283 gol dalam 264 pertandingan. Artinya, ia rata-rata mencetak lebih dari satu gol tiap laga!

Komentar Anda