Scroll to Top

Jika Barcelona Juara Copa del Rey 2017, Sociedad & Athletic Bilbao Ikut Untung!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 18 May 2017

Jika Barcelona Juara Copa del Rey 2017, Sociedad & Athletic Bilbao Ikut Untung!

Jika Barcelona juara Copa del Rey 2017, maka yang akan mendapatkan keuntungan adalah Villarreal, Real Sociedad, dan Athletic Bilbao. Entah finish di peringkat berapapun mereka di klasemen akhir Liga Spanyol, ketiga klub tersebut akan lolos ke Liga Europa musim depan. Lain lagi jika Alaves yang lolos. Maka yang menderita adalah tim peringkat tujuh.

Dalam aturan baru UEFA, tim runner-up Copa del Rey tidak akan berhak masuk ke Liga Europa musim berikutnya. Dan aturan inilah yang sedang dicari celahnya oleh klub-klub yang bertarung merebut jatah Eropa dari jalur Liga Spanyol. Pasalnya, yang bertarung di final Copa del Rey adalah Barcelona dan Alaves.

Barcelona, sudah pasti lolos ke Liga Champions musim depan. Yang tinggal belum rampung bagi mereka adalah, bakal juara pertama atau kedua. Barca masih menyisakan satu pertandingan lagi; dan sementara ini berjarak tiga poin dari sang pemuncak klasemen, Real Madrid. Mengingat satu tim tidak mungkin ambil bagian di dua kompetisi Eropa dalam semusim, ujungnya bakal jelas.

Jika Barca juara Copa del Rey, maka wakil Liga Spanyol di Liga Europa dari kompetisi tersebut akan lenyap. Sebaliknya, UEFA akan mengaktifkan jatah dari jalur liga; yaitu peringkat kelima, enam, dan tujuh yang masuk Eropa. Dan inilah yang ditunggu Villarreal, Athletic Bilbao, dan Real Sociedad.

Hasil Liga Spanyol Tadi Malam Barcelona vs Villarreal 4-1, i

Sampai jornada 37, Villarreal ada di urutan kelima, berbeda satu poin dari Athletic dan Sociedad. Itu artinya, tiga tim ini masih bisa berubah peringkat di pekan terakhir. Jika Barca juara, maka tidak peduli siapapun yang ada di urutan lima, enam atau tujuh, tiga tim yang disebutkan itu akan lolos.

Lain lagi jika Alaves yang juara. Maka tim peringkat tujuh tidak akan kemana-mana. Di sinilah, meski Real Sociedad dan Athletic Bilbao adalah tim Basque, seperti Alaves, mereka tidak akan mendukung tim sewilayah. Mereka justru bakal berharap Barca mendapatkan Copa del Rey; demi kepentingan pribadi klub-klub itu.

Di jornada 38 sendiri, Athletic Bilbao akan berduel dengan Atletico Madrid di Vicente Calderon. Sementara Real Sociedad, berduel dengan Celta Vigo di Anoeta. Villarreal, juga bersua tim kuat, Valencia; yang menandakan jalur liga menuju Eropa sangat berat.

Komentar Anda