Scroll to Top

Wikipedia Kebanjiran Donasi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 05 Jan 2012

Wikipedia Kebanjiran Donasi

Wikipedia, sebuah ensiklopedia daring yang mengandalkan donasi untuk memelihara situsnya mampu mengumpulkan dana fantastis. Dan bahkan situs ini mendapatkan dana yang telah memecahkan rekor. Seperti apa?

Berdasarkan data terbaru, situs ini berhasil mengumpulkan donasi hingga USD 20 juta atau sekitar Rp 187 milyar pada tahun ini. Dan donasi tersebut akan dialokasikan untuk kelangsungan hidup ensiklopedia daring ini setahun kedepan.

Wikipedia Foundatition mulai membuka aksi penggalangan dana sejak November tahun silam. Sergey Brin, salah satu pendiri Google, beserta istrinya, memantik donasi tersbeut dengan menggelontorkan dana sebesar USD 500 ribu atau Rp 4,5 milyar.

“Penggalangan donasi untuk Wikipedia selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pengguna internet yang mengunjungi Wikipedia menyukainya. Dan mereka terus serta terus menyumbang agar situs ini dapat tetap bertahan,” tegas Sue Gardner, Executive Director Wikipedia kepada Straits Times dan dikutip SidomiNews.

Wikipedia sendiri dikenal sebagai situs media sosial yang memberi eksiklopedia daring gratis kepada pengguna internet dengan jumlah torehan 470 juta pengunjung di setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda